Opini

Era Baru Selektivitas Orang Asing

Seiring dengan dilonggarkannya aturan pembatasan di perbatasan, makin marak pula kasus-kasus pelanggaran yang melibatkan Orang Asing di Indonesia

Editor: Finneke Wolajan
HO
Romel Krismanto Malensang, S.IP, MA. (Analis Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado) 

Romel Krismanto Malensang, S.IP, MA. (Analis Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado)

Seiring dengan dilonggarkannya aturan pembatasan di perbatasan, makin marak pula kasus-kasus pelanggaran yang melibatkan Orang Asing atau Warga Negara Asing (WNA) di wilayah Indonesia.

Melihat ramainya pemberitaan baru-baru ini misalnya, ada kasus kejahatan pencurian data nasabah (skimming) terhadap sejumlah nasabah Bank SulutGo di Sulawesi Utara. Diperkirakan total kerugian yang dialami adalah sebesar Rp. 3,7 miliar.

Kemudian atas laporan dari bank, pihak kepolisian menindaklanjuti dengan menetapkan serta melakukan penangkapan terhadap para tersangka di tempat berbeda pada tanggal 20 dan 21 Juli 2022.

Dari hasil penangkapan tersebut diketahui bahwa dua orang pelakunya adalah WNA asal Bulgaria berinisial MS dan VK ditangkap bersama dua orang WNI.

Baca juga: Mewaspadai Penumpang Gelap Pariwisata dan The Exercise Of Immigration Control

Romel Krismanto Malensang
Romel Krismanto Malensang, S.IP, MA. (Analis Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado)

Sementara yang menjadi otak kejahatan ini diketahui juga adalah orang asing warga negara Bulgaria berinisial MM dan masih buron.

Untuk memburu DPO tersebut, kepolisian dibantu Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sulawesi Utara dengan memasukkan nama yang bersangkutan dalam Daftar Pencegahan agar tidak kabur ke luar negeri.

Bukan kali pertama, kasus pencurian uang dengan modus skimming ini telah sering terjadi dan menariknya rata-rata pelaku adalah orang asing.

Sebagai contoh, kasus skimming yang ditangani Polres Pasuruan pada bulan Oktober tahun 2021 melibatkan dua warga negara Bulgaria.

Bulan November terjadi kasus serupa di Bali dengan pelaku dua WNA asal Turki dan satu WNA asal Ukraina.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved