Tajuk Tamu Tribun Manado

Kekuatan Nilai Kultural dalam ‘Ip Man’

Secara umum dapat dikatakan bahwa film Ip Man adalah film yang mengetengahkan fakta tentang seni bela diri dari China-Wing Chun.

Kekuatan Nilai Kultural dalam ‘Ip Man’
net
Poster film Ip Man 4 

Oleh:
Ambrosius M Loho M.Fil
* Dosen Universitas Katolik De La Salle Manado
* Pegiat Filsafat-Estetika

TULISAN ini dapat dikatakan bagian dari rasa penasaran penulis tentang nilai-niali kultural yang muncul dari seorang sosok Ip Man, dalam film Ip Man yang sementara ‘booming’ saat ini.

Rasa penasaran penulis tentu bukan tidak berlatar belakang. Sepintas kita melihat bahwa terdapat sesuatu yang mendasar dalam film ini. Dan karena mendasarnya, penulis merasa pantas untuk mengedepankan sisi yang mendasar itu, mengingat hal itu cukup mumpuni untuk bisa dijadikan pembelajaran bagi kita, terutama edukasi kultural, untuk tidak sekedar larut dalam euforia muncul dan ‘boomingnya’ sebuah film.

Sejak pertama kemunculannya (Ip Man 1 pada tahun 2008, seri 2 tahun 2010 dan seri 3 tahun 2015), sosok Ip Man selalu menjadi perhatian. Bahkan dalam dunia akademik, sejauh pengamatan dan penelusuran penulis, sekurang-kurangnya telah dibuat beberapa kajian dalam bentuk skripsi/tesis di beberapa universitas di Indonesia. Isinya tentu menarik untuk dibaca, diketahui dan dijadikan model.

Sosok Ip Man adalah sosok pahlawan yang kental dengan sifat ‘mempertahankan nilai-nilai kultural’ yang utuh dan menyatu dengan seni bela diri khas Tionghoa; Kungfu aliran Wing Chun.

Semua orang kagum pada sosok ini, bahkan dalam pengamatan penulis, ketika Ip Man 4 muncul sebagai seri terakhir, antusiasme penonton sangatlah besar. Dan dari kesaksian penulis, ketika film yang dimaksud tayang keempat (edisi ‘midnight’) di XXI pun, penonton masih saja membeludak.

Ribuan Warga Sulut Belajar Wing Chun, Saya Merasa Pekerja Sekaligus Pendekar

Kendati demikian, fakta antusiasme ini adalah fakta yang sebenarnya biasa saja, dalam arti fakta yang tidak perlu dibesar-besarkan, mengingat ketika juga muncul film-film sejenis atau bahkan film fenomenal lainnya, antusiasme yang sama dapat kita saksikan pula.

Dari beberapa kajian yang pernah dipublikasikan, penulis menemukan sekilas sejarah tentang sosok Ip Man itu. Secara umum dapat dikatakan bahwa film Ip Man adalah film yang mengetengahkan fakta tentang seni bela diri dari China-Wing Chun.

Sebagaimana sudah diuraiakan secara sepintas di atas, film ini mengetengahkan seni bela diri Tiongkok yang sebagian besar orang mengenalnya sebagai kungfu jenis Wing Chun. Jenis Wing Chun mempunyai gerakan yang sangat unik dan sedehana. Kungfu-Wing Chun adalah beladiri yang efektif. Teknik-teknik dalam Wing Chun berkarakteristik cepat, tepat, sederhana dan akurat, dalam menghadapi setiap serangan musuh (dirangkum dari berbagai sumber).

Video Ahli Wing Chun Tantang Atlet MMA Bertarung, Hanya Butuh 6 Detik Penantang Lansung Tumbang

Terlepas dari keefektifannya, diketahui bahwa seni bela diri kungfu-Wing Chun adalah salah satu komponen penting dalam warisan kebudayaan Tionghoa, dan telah menjadi identitas etnis Tionghoa. Dari sekian banyaknya kebudayaan Tiongkok yang telah mendunia, seni bela diri adalah salah satu di antaranya. (bandingkan, Perkembangan Seni Beladiri Wing Chun di Kota Medan (2005-2013)).

Halaman
12
Editor: maximus conterius
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved