Editorial Tribun Manado

Godaan Kerja Luar Negeri

Kedua perempuan itu tergoda bekerja di Malaysia, akan mendapat gaji besar, dan prosesnya tidak susah. Belakangan, mereka malah disekap di Batam.

Godaan Kerja Luar Negeri
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Para pencari kerja mendatangi job fair di IT Center Manado beberapa waktu lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - BEKERJA di luar negeri menjadi idaman banyak pencari kerja di Sulawesi Utara. Tentu saja ukurannya adalah penghasilan. Sisanya, mungkin, sekadar berkelana, menikmati suasana yang tidak didapat dengan mudah oleh para pekerja lainnya.

Tapi tak sedikit juga mereka yang akhirnya memilih bekerja di luar negeri karena terpaksa. Dalam hal ini, mereka tidak lagi merasa memiliki peluang kerja terbaik di tanah sendiri, kalah bersaing dengan pekerja lainnya. Dan ketika datang tawaran yang menggiurkan dengan proses mudah, calon pekerja pun tak lagi memikirkan legal atau tidaknya.

Inilah yang terjadi pada dua perempuan asal Sulawesi Utara yang baru saja dipulangkan oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Manado pekan lalu.

Kedua perempuan itu tergoda bekerja di Malaysia, akan mendapat gaji besar, dan prosesnya tidak susah. Belakangan, mereka malah disekap di Batam, Kepulauan Riau. Untung mereka tahu apa yang harus dilakukan: mengadu.

Try Out Magang Jepang, Erny Harap Bisa Meningkatkan Angka Kelulusan Peserta

Tak sedikit kasus calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang berujung pilu, syukur-syukur bila dideportasi, hanya karena membiarkan diri tidak tahu atau tidak mengikuti proses yang legal. Ada yang bahkan menjadi korban perdagangan orang, diperbudak, pulang dengan cacat fisik atau bahkan tinggal nama. Begitulah, penyesalan sering datang belakangan.

Tapi, tentu saja ada pelajaran di setiap kejadian. Kepala BP3TKI Manado Hard F Merentek menekankan pentingnya sikap kehati-hatian dalam mencari pekerjaan khususnya pekerjaan di luar negeri.

“Saat ini zaman sudah semakin canggih dan para calo juga sudah mulai bergerilya menggunakan media sosial untuk mencari korban selanjutnya,” kata dia dalam Tribun Manado edisi Selasa, 26 November 2019.

Dua Wanita Asal Sulut Disekap di Batam, Dijanjikan Kerja dan Gaji Besar di Malaysia via Facebook

Ia menyebut, warga yang ingin kerja di luar negeri dapat menempuh prosedur yang aman, dengan cara yang sangat mudah.

"Masyarakat cukup mendatangi kantor dinas tenaga kerja setempat atau kantor BP3TKI terdekat untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Atau bisa juga dengan membuka website www.jobsinfo.bnp2tki.go.id untuk mencari informasi lowongan kerja ke luar negeri,” kata dia.

"Di sana juga ada informasi mengenai pelaksana penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI ) agar masyarakat dapat bekerja melalui jalur yang aman," ujar dia.

Pekerjaan Ini Tak Dilirik 20 Tahun Lalu, Kini Menjanjikan, Tidak Melulu Bekerja 8 Jam di Kantor

Bekerja di luar negeri hanyalah satu dari banyaknya opsi lapangan kerja yang dapat digarap di daerah sendiri. Namun, sayang, godaan penghasilan yang datang dalam waktu singkat kerap memupuskan semangat para tenaga kerja untuk menggali potensi di daerah sendiri.

Mereka takut menghadapi tantangan, takut menghadapi kegagalan. Tapi, banyak juga yang sudah menyerah ketika berhadapan dengan proses yang rumit dan berbelit-belit.

Kita tidak harus selalu berharap pada peran pemerintah karena pemerintah hanya menyediakan fasilitas dan program. Bila memang serius, menggarap pekerjaan di daerah sendiri, dengan menjadi pengusaha, entah di bidang pertanian dan lain-lain, menjadi peluang yang selalu terbuka.

Keberanian membuka usaha di daerah sendiri akan lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan mengadu nasib di negeri orang. (*)

Agnez Mo Tidak Salah Mengaku Tak Punya Darah Indonesia, Guru Besar UGM: Yang Baca Tidak Teliti

Pengacara Habib Rizieq Ajari Pemerintah Cara Bebaskan Kliennya, Akui Rizieq Diperiksa Intelijen Arab

Ini Dia, 5 Penemuan Unik dan Aneh Sepanjang Tahun 2019

Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved