Tajuk Tamu Tribun Manado

Indeks Kesehatan Laut dalam Perspektif Kedokteran Komunitas

OHI adalah kerangka kerja ilmiah yang digunakan untuk mengukur seberapa sehat keberadaan laut kita.

Indeks Kesehatan Laut dalam Perspektif Kedokteran Komunitas
Tribun Manado
Bawah laut Kelurahan Pintu Kota dan Kareko Kecamatan Lembeh Utara dipenuhi ratusan penyelam dari lokal Kota Bitung dan dari luar Kota Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (7/10/2016). 

Oleh:
Henry MF Palandeng
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat

MENURUT Halpern (2012), laut memiliki peran penting dalam mendukung kesejahteraan manusia. Mulai dari penyedia makanan, sumber mata pencaharian, salah satu pengatur iklim global hingga peluang rekreasi, semua diatur oleh laut. Sayangnya, dewasa ini, berbagai aktivitas dalam keseharian manusia menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan lautan dunia.

Menurut National Geographic, lebih dari 80 persen polusi laut berasal dari aktivitas darat. Permasalahan ini menyebabkan perubahan ekstrim pada seluruh ekosistem laut. Tak hanya itu, muncul juga permasalahan lainnya seperti coral bleaching dan kenaikan permukaan laut.

Data yang dipaparkan Surfer Today memberikan gambaran beberapa permasalahan besar terhadap keadaan laut dunia, di antaranya volume sampah plastik yang semakin meningkat, tingkat polusi laut, eksploitasi sumber daya perikanan yang berlebihan, akuakultur yang tidak berkelanjutan serta pencemaran air laut oleh zat merkuri dan minyak.

Berbagai solusi telah ditawarkan dalam memperbaiki masalah seperti membangun taman laut untuk melindungi keanekaragaman hayati, mengurangi praktik penangkapan ikan yang merusak seperti pukat, membantu nelayan untuk mempertahankan mata pencaharian mereka dengan memasukkan upaya konservasi, memasang langkah-langkah untuk mengurangi jumlah ikan yang ditangkap secara tidak sengaja, serta berbagai upaya positif lainnya.

Gambaran masalah dan solusi dalam memperbaiki masalah sudah banyak dikerjakan dan dilakukan dalam persektif ingin mengurangi dampak negatif yang terjadi di laut. Namun, dampak negatif itu sendiri belum dapat memberikan jaminan bahwa upaya yang sudah dilakukan sudah memberikan hasil yang bermakna.

Indeks Kesehatan Kelautan (Ocean Health Index - OHI) merupakan suatu alat yang penting dalam melakukan penilaian berkelanjutan untuk melihat kesehatan laut. OHI adalah suatu kerangka kerja penilaian kelautan yang dapat disesuaikan untuk melakukan evaluasi kesehatan laut secara komprehensif dan kuantitatif.

Dengan kata lain, OHI adalah kerangka kerja ilmiah yang digunakan untuk mengukur seberapa sehat keberadaan laut kita (oceanhealthindex.org).

Melalui OHI, kita akan dapat menyediakan sarana untuk memajukan kebijakan laut yang komprehensif dan membandingkan kemajuan di masa depan. OHI dapat memberikan informasi tentang bagaimana menggunakan atau melindungi ekosistem laut untuk memberikan penentuan dalam suatu kebijakan.

TNI Polri Bersama Pemerintah dan Masyarakat Lakukan Transplantasi Karang

Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut, Lantamal VIII dan Jajarannya Tanam 17.000 Bibit Mangrove

Metode yang dipakai dalam menentukan OHI memiliki tujuan yaitu memperoleh manfaat ekologis, sosial, dan ekonomi secara maksimum.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved