News

Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut, Lantamal VIII dan Jajarannya Tanam 17.000 Bibit Mangrove

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII dan jajarannya yakni Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna

Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut, Lantamal VIII dan Jajarannya Tanam 17.000 Bibit Mangrove
Siti Nurjanah/tribun manado
Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut, Lantamal VIII dan Jajarannya Tanam 17.000 Bibit Mangrove 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII dan jajarannya yakni Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, Lanal Melonguane, Lanal Gorontalo dan Lanal Tolitoli melakukan penanaman 17 ribu bibit mangrove yang dikemas dengan tema Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita di masing-masing daerah pesisir pantai secara serempak, Senin (7/10/2019.

Dari 17 ribu bibit mangrove Lantamal VIII menanam 4500 bibit yang dilakukan di Pantai Rap Rap Kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado dengan melibatkan 700 personel yang terdiri dari gabungan TNI-Polri, unsur maritim, pemerintah daerah, Lembaga Sosial Kemasyarakat, pelajar SMP Hang Tuah Kairagi dan masyarakat.

Sedangkan Lanal jajaran Lantamal VIII sendiri yakni Lanal Tahuna menanam 3.000 bibit dengan melibatkan 250 personel di Pantai Pertamina Tapuang Tahuna Timur Kabupaten Sangihe, Lanal Melonguane menama 2000 bibit melibatkan 200 personel di Pantai Kiama Induk Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud dan Lanal Tolitoli menanam 5000 bibit melibatkan 260 personel di Pantai NTB Tobele Kalangkangan Galang Kabupaten Tolitoli serta Lanal Gorontalo menanam 2500 bibit melibatkan 500 personel di Pantai Kwandang Dusun Okimo Kabupaten Gorontalo.

Wadan Lantamal VIII, Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membantu mensukseskan program pemerintah dalam menjaga kelestarian ekosistem laut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Selain itu juga untuk mempromosikan kemanunggalan TNI dan rayat serta mengajak seluruh elemen masyarakat agar terus meningkatkan kepekaan dan kepedulian akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hutan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara," ucapnya.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan, kegiatan tersebut juga merupakan wahana untuk mempereat tali silaturahmi antara Prajurit TNI, Lantamal VIII dengan instansi terkait dan masyarakat.

"Untuk itu Danlantamal VIII menyambut baik kegiatan seperti ini, karena sebagai bentuk tanggung jawab serta kepedulian kita bersama untuk tetap menjaga dan terus melestarikan kekayaan alam Indonesia khususnya kekayaan hutan mangrove yang berada di Provinsi Sulawesi Utara," bebernya.

Lanjutnya, selain di wilayah Lantamal VIII, penanaman bibit mangrove juga dilakukan serempak oleh TNI Angkatan Laut dan jajarannya yang tersebar di 74 titik seluruh Indonesia.

"Dengan jumlah bibit mangrove yang berhasil ditanam sebanyak 300.074. Kegiatan secara serempak tersebut langsung dipimpin Panglima TNI dan Kasal dari Pantai Indah Kapuk Banten melalui video conference," jelasnya.

Penanaman di Pantai Rap Rap Tongkaina Bunaken tersebut di hadiri antara lain Kasiter Korem 131 Santiago, Kabiro Oprasi Polda Sulut, Para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, Asisten I Walikota Manado, Camat Bunaken, Wakil Ketua serta Pengurus Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada II serta Kepal Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan yang berada di Lantamal VIII. (ana)

Baca: BREAKING NEWS - Yasti  Soepredjo Mokoagow Nyatakan Keluar dari Nasdem

Baca: KEK Pariwisata Likupang Akhirnya Gol, SK : Road Map Pariwisata Sulut Didukung Presiden

Baca: 558 Kapal Sudah Ditenggelamkan, Banyak Yang Masuk Secara Ilegal Mencuri Ikan, Menyelundupkan Narkoba

Facebook Tribun Manado :

Baca: Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2019, The Baby Alien Raih Titel Ke-8 Kalinya, Ini Kunci Suksesnya

Baca: Video Viral Pesan Bupati Lampung Utara Beberapa Hari sebelum Ditangkap KPK: Perintahkan Jangan KKN

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG Untuk Senin 7 Oktober 2019, Lihat Daerah Yang Potensi Diguyur Hujan

Instagram Tribun Manado :

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado :

Baca: Kisah Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Si Otak Setan yang Diremehkan Saat Awal Karir

Baca: Buaya Muncul di Sungai, Tak Takut, Warga Berbondong-Bondong Datang Melihat, Jadi Tontonan Gratis

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved