Pemilu 2019

Polda Sulut Satukan Tekad Amankan Tahapan Pemilu 2019

Kapolda mengatakan, Polri tidak dapat bekerja sendiri mengamankan Pemilu 2019, melainkan butuh peran penyelenggara pemilu, pemda, TNI, dan masyarakat.

Polda Sulut Satukan Tekad Amankan Tahapan Pemilu 2019
Tribun Manado
Gubernur, Kapolda, dan jajaran Forkopimda Sulut diabadikan bersama para personel Polri dalam penyampaian hasil rapat pimpinan Polri kepada personel Polda Sulut dan jajaran di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Senin (4/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Polda Sulawesi Utara (Sulut) berkomitmen dan siap mengamankan Pemilihan Umum 2019.

Tekat itu tercetus dalam pembekalan dan penyampaian hasil rapat pimpinan (rapim) Polri kepada personel Polda Sulut dan jajaran di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Senin (4/2/2019).

Kapolda Sulut Irjen Sigid Tri Hardjanto memimpin kegiatan tersebut, dihadiri 900 personel Polri terdiri dari pejabat utama, para kapolres, kapolsek, kabag, kasat, dan 690 anggota Bhabinkamtibmas se-Sulut.

Juga hadir Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Kesbangpol, Wakajati, perwakilan Bakamla dan perwakilan Lantamal.

Baca: Cek Kesiapan Pemilu, Kapolda Sulut Kunjungi KPUD Minsel

"Kegiatan ini merupakan sarana sosialisasi kesiapan kita atas tanggung jawab guna menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019, khususnya di wilayah Sulawesi Utara, sehingga tugas yang kita laksanakan dapat memenuhi harapan masyarakat," ujar Kapolda saat membuka kegiatan.

Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, lanjut Kapolda, berkewajiban mengawal, menjaga, dan mengamankan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi pileg dan pilpres tahun 2019.

Untuk itu, Polda Sulut harus melakukan manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara pemilu, TNI, masyarakat, dan mitra keamanan.

Sigid juga menegaskan, untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang dapat terjadi pada setiap tahapan pemilu, serta dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas tetap kondusif, Polri harus dapat sikapi dengan kematangan berpikir serta bertindak dengan penuh kedewasaan dalam menghadapi setiap tahapan supaya dapat berjalan sesuai rencana.

Baca: DPRD Sulut Rapat Bersama Kapolda, Bahas Pemilu, Hoaks sampai Siswa Ngelem

Kapolda menegaskan kepada personel Polri dan semua pihak terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2019, agar dapat turut serta berpartisipasi aktif dalam mewujudkan dan memelihara kondusivitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sulut ini.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved