Tajuk Tamu

Subsidi dan Kompensasi Selisih Harga BBM

Ady M Raksanegara (Perancang Peraturan Perundang-undangan KESDM) Bicara Tentang Subsidi dan Kompensasi Selisih Harga BBM

Penulis: Rhendi Umar | Editor: Rizali Posumah
HO
Ady M Raksanegara (Perancang Peraturan Perundang-undangan KESDM) 

Oleh: Ady M Raksanegara (Perancang Peraturan Perundang-undangan KESDM)

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Riuh ramai unjuk rasa mahasiswa, buruh dan berbagai kelompok masyarakat lainnya akhir-akhir ini sejak Pemerintah mengumumkan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Harga bensin RON 90  merek Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter.  

Sedangkan harga BBM solar bersubsidi dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter serta penyesuaian harga jenis BBM non subsidi jenis pertamax series yang berlaku sejak Sabtu 3 September 2022 pukul 14.30 WIB di titik serah untuk setiap liter. 

Hal itu ditetapkan dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 218.K/MG.01/MEM.M/ 2022 tentang Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan. 

Lalu kemudian timbul berbagai spanduk di stasiun pengisian BBM umum (SPBU) yang mana BBM jenis bensin RON 90 dengan merek dagang Pertalite diinformasikan sebagai BBM bersubsidi. Benarkah demikian?

Hal ini banyak menjadi pertanyaan berbagai aparat penegak hukum di berbagai daerah.

Sebelum menjawab hal tersebut, perlu terlebih dahulu memahami definisi dari subsidi. 

Subsidi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bantuan uang dan sebagainya kepada yayasan, perkumpulan, dan sebagainya yang biasanya dari pihak pemerintah. 

Sedangkan subsidi menurut ilmu ekonomi bantuan keuangan atau insentif yang biasanya diberikan oleh pemerintah kepada organisasi, perusahaan, atau individu untuk mendukung kegiatan ekonomi tertentu, atau mempromosikan tujuan sosial dan lingkungan  tertentu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved