Breaking News:

Tajuk Tamu Tribun Manado

Perempuan Sulawesi Utara Hebat!

Memang tidak diragukan lagi hebatnya perempuan-perempuan Sulawesi Utara dari dulu hingga kini.

dokumentasi Tribun Manado
Dari kiri ke kanan: Dokter Marie Thomas, perempuan dokter spesialis pertama Indonesia; Gryesia Polii, peraih medali emas bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020; dan Maria Walanda Maramis, pahlawan nasional pejuang emansipasi perempuan. 

Oleh:
Ayu Puspita Wulandana B
Fungsional Statistisi Pertama BPS Provinsi Sulawesi Utara

KETERLIBATAN figur perempuan dalam memperjuangkan pembangunan telah berlangsung sejak dahulu di Bumi Nyiur Melambai, Provinsi Sulawesi Utara.

Maria Josephine Catherine Maramis atau Maria Walanda Maramis, siapa yang tidak kenal beliau? Salah seorang Pahlawan Nasional dari Sulawesi Utara.

Beliau adalah Kartini dari Minahasa yang memperjuangkan kemajuan dan emansipasi perempuan di Sulawesi Utara sejak akhir abad ke-19.

Selain itu, dari dunia kedokteran, ada juga perempuan Sulawesi Utara yang menjadi dokter perempuan pertama di Indonesia yaitu Marie Thomas.

Beliau juga dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi, seperti UID kepada wanita dan ibu di seluruh Nusantara.

Ia terkenal karena kemurahan hatinya dalam memberikan bantuan kepada setiap pasiennya, bahkan dari kalangan tidak mampu ia akan memberikan pelayanannya secara gratis.

Hingga saat ini, gaung kemajuan dan keterlibatan figur perempuan di Sulawesi Utara pun masih lantang terdengar.

Mulai dari pemerintahan (birokrat), politisi, dan beberapa bidang lain menampilkan figur perempuan Sulawesi Utara yang hebat.

Baru-baru ini, figur perempuan Sulawesi Utara yang membawa harum nama Bangsa Indonesia yaitu Greysia Polii.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved