Breaking News:

Opini

Pilkada Dalam Cengkeraman Oligarki

MENGUTIP Pidato Bung Karno “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Jangan meninggalkan sejarahmu yang sudah, engkau akan berdiri di atas vacuum

Istimewa
Donny Rumagit 

Penulis : Donny Rumagit

(Petani Marhaenis, Aktivis GMNI, mantan Jurnalis)

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - MENGUTIP Pidato Bung Karno “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Jangan meninggalkan sejarahmu yang sudah, engkau akan berdiri di atas vacuum, engkau akan berdiri di atas kekosongan, dan lantas engkau menjadi bingung, dan perjuanganmu paling-paling hanya berupa amuk-amuk belaka,” kata Bung Karno sebagai Presiden RI pada 17 Agustus 1966. Pidato ini dikenal dengan judul : “JAS MERAH”.

Saya mendapat undangan dari Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Tomohon Leon Wilar, untuk memantik diskusi akhir tahun bersama kader Marhaenis
"Pilkada dalam Cengkeraman Oligarki",

Senin (21/12/2020), yang dirangkaikan dengan ibadah menyambut Natal dengan tema Memperat Solidaritas Pasca Pilkada di Wisma Trisakti, Tomohon.

Apa itu Pilkada? Yaitu Sarana kedaulatan rakyat di wilayah Propinsi (Pilgub) dan Kabupaten/Kota (Bupati/ wali kota). Dipilih dalam salah satu pasangan calon yang diusung Parpol/gabungan Parpol atau jalur calon perseorangan secara Luber dan Jurdil.

Baca juga: Sekda Marzanzius Ohy Bantah Jika Kabupaten Bolsel Masuk Zona Merah Covid-19 

Apa itu kedaulatan rakyat? Kedaulatan rakyat merupakan suatu sistem yang menempatkan kekuasaan tertinggi di suatu negara berada di tangan rakyat. Kedaulatan rakyat menjadikan rakyat memiliki kesempatan untuk mengatur hajat hidup dan menjadikan posisi pejabat publik sebagai representatif. Pada kedaulatan rakyat menunjukan gagasan, bahwa yang terbaik dalam masyarakat adalah yang dianggap baik oleh semua orang.

Pengertian kedaulatan sendiri adalah kekuasaan yang tertinggi dalam suatu Negara. Kedaulatan rakyat pada Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 menegaskan bawah kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD.

Implementasi kedaulatan rakyat mencerminkan dan mewujudkan kondisi demokrasi yang efektif. Masyarakat bisa menyampaikan aspirasi kepada lembaga negara lewat para wakilnya.

Kedaulatan rakyat merupakan teori yang mengatakan bahwa kekuasaan suatu negara di tangan rakyat.

Halaman
1234
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved