Tajuk Tamu Tribun Manado

Secercah Harapan di Seleksi CPNS

Perekat bangsa merupakan inti dari sembilan kompetensi ASN yang mencerminkan salah satu fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Secercah Harapan di Seleksi CPNS
Tribun Manado
Para peserta seleksi CPNS 2019 diabadikan dalam kegiatan pembekalan di Kantor Gubernur Sulawesi Utara beberapa waktu lalu. 

Oleh:
Yulius Fransisco Angkawijaya M.Psi
Assessor SDM Aparatur Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara Manado

SELEKSI Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu dinantikan setiap tahun oleh masyarakat, tidak terkecuali pada periode 2019 yang saat ini masih berlangsung. Masyarakat yang berhasil lolos pada tahap seleksi administrasi lebih dari 3.026.175 dibandingkan dengan alokasi formasi yang hanya sebanyak 197.117. Hal tersebut menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap profesi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemerintah telah berupaya maksimal menjaring sumber daya manusia yang berkualitas dengan memberikan jalur khusus seperti lulusan terbaik, putra/putri Papua, jalur diaspora, atlet berprestasi, dan disabilitas. Penambahan jalur khusus tersebut tentu tidak lepas dari harapan bahwa ASN di masa mendatang dijabat oleh generasi muda yang berkompeten dan mempunyai daya saing tinggi.

Saat ini proses seleksi penerimaan CPNS 2019 akan memasuki tahapan seleksi kompetensi dasar atau biasa dikenal dengan SKD. Tahapan ini akan diselenggarakan dengan menggunakan sistem computer assissted test Badan Kepegawaian Negara (CAT-BKN) dan akan diselenggarakan secara nasional mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 disebutkan terdapat tiga materi yang akan diujikan di SKD, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakter pribadi (TKP).

Tes SKD CPNS Berlangsung 10 Februari, Pangerapan: Pakai Joki Langsung Dinyatakan Gugur

Tahap selanjutnya bagi peserta yang lolos SKD adalah seleksi kompetensi bidang atau SKB. Pada tahap ini, setiap instansi menguji kompetensi di bidang pekerjaan yang dilamar oleh peserta. Pemberkasan dilakukan bagi peserta yang lolos pada tahap SKB berdasarkan mekanisme dan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berbagai tahapan yang harus dilalui oleh peserta bertujuan untuk mendapatkan ASN yang profesional dan bermartabat.

Kompetensi Pelamar CPNS

Kompetensi merupakan kata yang umum di masyarakat, tidak terkecuali bagi pelamar seleksi CPNS. Baik SKD dan SKB mengandung kata kompetensi sehingga pendaftar CPNS memiliki beragam persepsi pemaknaan kompetensi. Kompetensi dimaknai sebagai karakteristik utama dalam menghasilkan kinerja superior yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ketiga aspek tersebut terintegrasi dalam membentuk kompetensi individu.

Seleksi CPNS dilakukan tes secara bertahap namun dalam satu kesatuan atau saling terintegrasi. Tahapan SKD merupakan tahapan yang menekankan penilaian pada aspek pengetahuan, sementara SKB menekankan pada pengetahuan bidang dan keterampilan teknis. Kedua tes tersebut dikenal secara luas oleh calon pelamar, namun banyak yang kurang menyadari bahwa untuk lolos sampai tahap akhir hingga diangkat sebagai PNS masih membutuhkan satu karakteristik lagi, yaitu sikap.

CPNS Kemenkumham Bisa Gugur Saat Ikut Tes SKD, Ketentuan Ini yang Bisa Mengagalkanya

Beragam sikap ditunjukkan pelamar di media sosial terkait kendala yang dihadapi saat pendaftaran, ada yang menunjukkan sikap positif dan ada pula yang sebaliknya. Adanya sikap negatif yang diejawantahkan dalam penggunaan bahasa yang kurang sesuai di beragam media sosial menunjukkan bahwa pelamar tersebut memiliki kompetensi yang kurang sesuai dengan yang diharapkan.

Sikap negatif yang ditunjukkan pelamar juga menjadi suatu paradoks seakan lupa bahwa dalam melaksanakan pekerjaan termasuk di pemerintahan tidak akan lepas dari berbagai kendala. Sikap yang ditunjukkan pada waktu melamar tersebut dapat menjadi cerminan bagaimana respon dan sikap kerjanya saat bekerja nantinya khususnya saat menemui kesulitan.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved