Editorial Tribun Manado

Mudik Aman dan Nyaman

Jangan heran bila nanti melihat para penumpang kapal berada di bagian yang tidak seharusnya mereka berada, membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Mudik Aman dan Nyaman
Tribun Manado
Suasana Pelabuhan Manado jelang puncak arus mudik Natal, Senin (16/12/2019), 

TRIBUNMANADO.CO.ID - MUDIK Natal 2019 diprediksi mulai memuncak pada Sabtu, 21 Desember 2019. Hari itu para pegawai negeri sipil (PNS) mulai berlibur dan akan berlanjut dengan cuti bersama mulai Senin, 23 Desember 2019.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mudik tidak melulu urusan warga yang melaksanakannya. Tradisi ini juga turut menjadi beban pikiran dan pekerjaan banyak pihak, terutama pihak keamanan dan pemerintah. Khusus momen Natal dan Tahun Baru ini, polisi selalu menggelar Operasi Lilin.

Adapun pemerintah, terutama melalui dinas perhubungan daerah bersama otoritas pelabuhan dan bandara turut mengondisikan terminal, moda transportasi, serta petugas-petugas yang akan melayani penumpang. Belum lagi peran PT Pertamina yang menjamin ketersediaan bahan bakar bagi moda transportasi.

Wajar bila semua harus diatur, pun dengan melibatkan banyak pihak. Semua ingin warga yang melaksanakan mudik aman sampai di tujuan hingga kembali lagi serta nyaman dalam perjalanan.

Jangan pula terlalu dikeluhkan bila aturan-aturan itu agak mengganggu, kadang juga memaksa warga untuk patuh. Contoh saja, bila beban muatan sudah melebihi kapasitas, atau moda transportasi sudah tak cukup lagi.

Di sinilah persoalan itu sering muncul, yakni ketika warga dan pihak penyedia jasa transportasi tidak mau diatur, atau juga pihak pengatur tidak menjalankan perannya.

Pelindo IV Cabang Bitung Siapkan Angkutan Mudik Gratis

Jangan heran bila nanti melihat para penumpang kapal berada di bagian yang tidak seharusnya mereka berada, membahayakan diri sendiri dan orang lain, atau mengganggu kerja kru kapal.

Persoalan lainnya, ketika penyedia jasa angkutan bus memaksakan muatan yang melebihi daya angkut hanya untuk meraup untung atau merasa ‘kasihan’ pada penumpang. Akhirnya, semua penumpang terancam, termasuk sopir.

Suasana di dalam bus pun tak nyaman, warga berdesakan dengan barang. Potensi kecelakaan sangat terbuka, apalagi sopir tidak sehat.

Polsek Kawasan Pelabuhan Ini Perketat Keamanan Jelang Natal

Peran pemerintah, terutama otoritas transportasi, sangat diperlukan untuk memastikan kondisi-kondisi di atas tidak terjadi. Ketegasan diperlukan demi keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Bila harus menambah armada untuk mengatasi persoalan kelebihan daya angkut, lakukan saja. Jangan sampai semuanya malah menyesal atau bahkan saling tuduh ketika kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi.

Contohi saja ketegasan pihak Angkasa Pura atau maskapai yang selalu taat pada prosedur standar operasionalnya karena sadar bahaya yang mengancam bila tak ada kepatuhan. Sikap ini harus pula tertanam pada diri warga sebagai penumpang maupun kru transportasi.

Jelang Arus Mudik Natal, KSOP Manado Periksa Perlengkapan Kapal

Jangan sampai ketidakmauan dan ketidakpedulian mereka malah menciptakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi semuanya.

Merayakan hari raya dengan sukacita bersama keluarga dan kembali pulang adalah keinginan kita bersama.

Dengan kesadaran dan kemauan semua pihak untuk taat, kita yakin kondisi aman dan nyaman saat mudik dapat kita ciptakan. Selebihnya, tentu kita serahkan kepada pada kuasa Sang Ilahi. (*)

KRONOLOGI dan Fakta 3 Anggota Polri Tewas Disambar Petir di Atas Gunung, Cuaca Mendadak Hujan

Terkejut Kepala Daerah Punya Rekening Kasino hingga Rp 50 M di Luar Negeri, Johan Budi: Usut Tuntas

Sebelum Alami Kecelakaan Ternyata Almarhum Bripda Falen Mampir di Masjid Untuk Beribadah

Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved