News

Jelang Arus Mudik Natal, KSOP Manado Periksa Perlengkapan Kapal

Kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) Manado, melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kondisi kapal laut yang akan mengangkut penumpang.

Jelang Arus Mudik Natal, KSOP Manado Periksa Perlengkapan Kapal
jufry mantak/tribun manado
Jelang Arus Mudik Natal, KSOP Manado Periksa Perlengkapan Kapal. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menyambut hari Natal 25 Desember 2019, arus mudik laut pasti akan mengalami peningkatan karena banyak warga akan pulang ke kampung halaman lewat kapal Laut.

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kondisi kapal laut yang akan mengangkut penumpang, Jumat (29/11/2019) tadi.

Terpantau wartawan tribunmanado.co.id, beberaa kapal yang berada di dermaga Pelabuhan Manado, dicek satu persatu oleh petugas KSOP Manado.

Mulai dari perlengkapan surat kapal, perlengkapan alat keselamatan di dalam kapal, selang pemadam kebakaran kapal, sampai kondisi mesin kapal.

Kepala kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) Manado Stanislaus W Wetik, kepada awak media, mengatakan, semuanya pihaknya periksa kembali.

"Walaupun memang sertifikat yang masih ada, tapi untuk memastikan kembali bawa alat-alatnya masih berfungsi dengan baik," tegasnya.

Dijelaslannya, hal ini dilakukan dalam rangka melayani angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Jika ada kapal yang tidak bisa tujukan surat, maka kami akan menahan dulu kaal tersebut dan belum diijinkan beroperasi," ujarnya.

Lanjutny, begitu juga buat kapal yang alat keselamatannya belum lengkap dan sudah rusak, itu wajib diganti.

"Untuk tahun ini, ada penambahan satu kapal, yakni Glory Mery, tujuan ke Talaud," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Jufry Mantak
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved