Tajuk Tamu Tribun Manado

Pemuda, Agen Perubahan Bangsa

Munculnya generasi muda yang biasa disebut generasi milenial dalam pemerintahan, membuktikan potensi anak muda yang dinamis sangat diperlukan.

Pemuda, Agen Perubahan Bangsa
YouTube KemendikbudRI
Mendikbud Nadiem Makarim berpidato pada hari peringatan Sumpah Pemuda di kantor Kemendikbud di Jakarta, Senin (28/10/2019). 

Titha Aprilliawatie
Statistisi Pertama BPS Kota Manado

“BERI aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Ungkapan Bung Karno ini masih melekat kuat dalam sanubari. Untaian kata yang menggambarkan betapa generasi muda dipercaya mempunyai potensi yang luar biasa.

Tak heran, akhir-akhir ini banyak anak muda yang diberi kesempatan untuk unjuk gigi dengan dipercaya turut aktif dalam membangun bangsa.

Partisipasi tersebut beragam, salah satunya terjun ke dalam struktur pemerintahan. Misalnya saja, beberapa anak muda yang mulai muncul menghiasi DPR/MPR RI periode 2019-2024.

Atau, terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam jajaran eksekutif, yang sekaligus menjadikannya menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju.

4 Pesan Mendikbud Nadiem Makarim di Hari Sumpah Pemuda

Munculnya generasi muda yang biasa disebut generasi milenial dalam pemerintahan, membuktikan bahwa potensi anak muda yang dinamis sangat diperlukan di era sekarang.

Anak muda ‘zaman now’ yang memiliki pemikiran lebih terbuka, kreatif dan inovatif diyakini mampu membawa Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.

Terlebih secara kuantitas, jumlah mereka sangat fantastis. Merujuk data Proyeksi Penduduk BPS, pada tahun 2018 diperkirakan sekitar 33 persen dari penduduk Indonesia adalah generasi milenial.

Hari Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Sulut 2019 Ajak Anak Muda Bangga Gunakan Bahasa Indonesia

Kuantitas ini akan menjadi lebih berarti jika dibarengi dengan kualitas yang mumpuni.
Salah satu indikator kualitas pembangunan manusia adalah pendidikan.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved