Hari Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Sulut 2019 Ajak Anak Muda Bangga Gunakan Bahasa Indonesia

Hari Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Sulawesi Utara 2019, Megumi Najoan mengajak anak-anak muda untuk mulai belajar menggunakan Bahasa Indonesia

Hari Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Sulut 2019 Ajak Anak Muda Bangga Gunakan Bahasa Indonesia
Istimewa
Hari Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Sulut 2019 Ajak Anak Muda Bangga Gunakan Bahasa Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Sulawesi Utara 2019, Megumi Najoan mengajak anak-anak muda untuk mulai belajar menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan.

Menurut Megumi, saat ini anak-anak muda suka mencampuradukkan penggunaan Bahasa Indonesia dengan bahasa daerah dan bahasa asing.

"Jangan dicampur-campur, kedengarannya kurang indah dan baik, tuturnya kepada Tribunmanado.co.id, Senin (28/10/2019).

Gadis 19 tahun ini ingin agar Bahasa Indonesia tidak lagi menjadi asing di negara Indonesia.

"Banyak orang yang merasa malu saat salah menyebutkan bahasa asing, tapi saat salah mengucapkan Bahasa Indonesia mereka menganggap itu hal sepele," tambahnya.

Ia menyebutkan ada banyak bahasa daerah di Indonesia dan satu-satunya bahasa pemersatu hanya Bahasa Indonesia, seperti yang tercantum pada butir ketiga Sumpah Pemuda.

Gadis yang juga dinobatkan sebagai Duta Bahasa Nasional 2019 ini memiliki dua buah program kerja untuk memperkenalkan Bahasa Indonesia.

"Ada Kelapa dan Sawit. Kelapa itu Kelompok Literasi Anak Panti Asuhan, sedangkan Sawit itu Masyarakat Wajib Tahu," jelas gadis kelahiran Jepang ini.

Ia mengajarkan anak-anak di panti asuhan bagaimana caranya menulis surat dengan menggunakan perangkat elektronik.

Selain itu, gadis kelahiran 23 Desember 1999 ini juga melakukan sosialisasi melalui media sosial seperti Instagram mengenai kosakata yang terdapat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Halaman
123
Penulis:
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved