Breaking News:

Berita Keuskupan Manado

Empat Imam MSC Rayakan 50 Tahun Hidup Membiara, Uskup Mandagi Ungkap Tantangan di Ambon dan Papua

Bagi para biarawan, hidup membiara ditandai dengan pengikraran kaul pertama seperti kaul ketaatan, kemiskinan dan kemurnian dalam Tarekat MSC.

Dokumentasi Sr Stefani
Perayaan syukur 50 tahun hidup membiara empat imam MSC, Uskup Agung Merauke Mgr PC Mandagi MSC, RP Christian Santie MSC, RP Andre Santie MSC, dan RP Wignyo MSC (berhalangan hadir), di gereja Hati Kudus Yesus Karombasan, Manado, Selasa (11/1/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Banyak umat berkumpul di gereja Hati Kudus Yesus Karombasan, Manado, Selasa (11/1/2021) dengan protokol kesehatan.

Mereka mengikuti misa dan acara 50 tahun hidup membiara Uskup Agung Merauke Mgr PC Mandagi MSC, RP Christian Santie MSC, RP Andre Santie MSC, dan RP Wignyo MSC (berhalangan hadir).

Hidup membiara merupakan salah satu bentuk hidup yang dijalani oleh mereka yang dipanggil untuk mengikuti Kristus secara tuntas (total dan menyeluruh) dengan mengikuti nasihat Injil.

Bagi para biarawan, hidup membiara ditandai dengan profesi pertama (pengikraran kaul pertama) seperti kaul ketaatan, kemiskinan dan kemurnian dalam Tarekat MSC.

Itu biasanya bertahun-tahun sudah dilakukan sebelum tahbisan imam bagi yang tarekat biarawan klerus (imam).

Dalam suasana dekorasi dan warna liturgi kuning (keemasan) itu, para yubilaris (mereka yang dirayakan pestanya) memberikan sharing.

Pastor Andre Santie bercerita pemimpin MSC di Roma mendukungnya dengan doa-doanya supaya ia tetap setia sebagai misionaris Hati Kudus Yesus.

Dalam momen thanksgiving, renewal dan moment of joy ia menceritakan masa-masa indah di novisiat.

Dalam semua program juga misinya di banyak daerah di Indonesia, kepada banyak orang yang ia temui, ia mengucapkan terima kasih bagi mereka yang telah mendukung selama perjalanan tahun-tahun pastoral ini.

"Banyak mereka yang hadir saat ini saya ungkapkan banyak terima kasih," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved