Breaking News:

Ex Philosphia Claritas

Ugahari dan Karakter Pemimpin

Keugaharian adalah keutamaan yang tampak dalam kemampuan mengendalikan diri, mengontrol diri dan mengetahui batas.

Editor: maximus conterius
Dokumentasi pribadi
Ambrosius Loho, Dosen Unika De La Salle Manado 

Oleh:
Ambrosius Loho M.Fil
Dosen Universitas Katolik De La Salle Manado
Pegiat Filsafat

KEWIBAWAAN seorang pemimpin atau orang yang ditokohkan, sebulan terakhir ini dipertanyakan.

Memang ini menyangkut oknum dan juga menyangkut tindakan yang dilakukan oleh orang pribadi, tapi walaupun hal itu sering dianggap sebagai masalah di ranah privat (masalah pribadi orang per orang), akhirnya menjadi konsumsi publik ketika mengemuka di seantero sosial media, bahkan pemberitaan-pemberitaan media online.

Tak bisa dimungkiri, hal ini adalah masalah moral. Hal ini menjadi masalah serius di bidang moral, juga karena diyakini, setiap tindakan yang dilakukan oleh oknum yang dimaksud, tidak berdasar sebuah pertimbangan logis, terukur, dan bernilai moral. Apapun itu, itulah kenyataan yang terjadi.

Apa yang dipraktekkan seorang tokoh publik yang viral itu, memaksa kita bertanya bagaimana wibawa para tokoh publik, tokoh masyarakat bahkan pemimpin saat ini? Sudah sebegitu tidak bermoralkah mereka?

Hemat penulis, jawaban atas pertanyaan ini dirasa tidak mendesak untuk ditemukan karena yang terpenting memahami dengan benar apa dan bagaimana yang disebut sosok pemimpin adalah hal yang paling mendesak untuk dipaparkan.

Pemimpin (yang baik) adalah pemimpin yang mampu mengayomi rakyatnya, tapi juga menjadi panutan masyarakat.

Pemimpin yang baik harus menyatakan diri sebagai orang yang berkeadilan, tidak pilih kasih, dan sarat dengan keugaharian.

Masyarakat pada umumnya tentu mengharapkan pemimpinnya atau tokoh penting yang ditokohkan adalah orang yang kapabel dan bisa dipercaya, termasuk memiliki etika dalam setiap perilaku di tengah keluarga dan masyarakat.

Kita bisa mendata bahwa terdapat banyak ciri seorang pemimpin yang baik, namun penulis lebih condong untuk menggaungkan soal keugaharian.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved