Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Isi Panduan Pilkada Damai yang Diedarkan Keuskupan Manado, Mencakup Sulut, Gorontalo, dan Sulteng

Imam dan DPP serta ormas Katolik memastikan agar tidak terlibat dalam politik praktis dengan menggunakan organisasi dan jabatan gerejani.

ISTIMEWA
Pastor Kris Ludong 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Keuskupan Manado mengeluarkan surat edaran panduan untuk pilkada damai, Senin (12/10/2020).

Ketua Komisi Kerawam Keuskupan Manado Pastor Kris Ludong mengatakan, surat tersebut ditujukan kepada seluruh umat Katolik di wilayah Keuskupan Manado, para pastor paroki, imam, dan biarawan-biarawati, serta yayasan, komisi, dan unit se-Keuskupan Manado.

Wilayah Keuskupan Manado mencakup tiga provinsi, yakni Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

Di wilayah Keuskupan Manado digelar Pilgub Sulut dan Pigub Sulteng.

Lalu ada empat pemilihan wali kota, yakni di Manado, Bitung, Tomohon, dan Palu.

Sisanya ada 14 pemilihan bupati, tujuh di antaranya di Sulawesi Tengah, tiga di Gorontalo, dan empat di Sulut.

“Pilkada serentak ini dilaksanakan pada saat kita semua masih berada dalam pusaran pandemi Covid-19,” bunyi surat edaran.

“Komisi Kerasulan Awam Keuskupan Manado menyampaikan bahwa umat Katolik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dan bangsa Indonesia, yang diharapkan secara aktif ikut merawat dan terlibat dalam menentukan masa depan bangsa, melalui pilkada serentak di wilayah masing-masing,”

Tanggung jawab tersebut sejajar dengan pesan Konsili Vatikan II sebagaimana terdapat dalam dokumen Apostolicam Actuositatem (AA), yang menunjuk panggilan dan peran awam di tengah-tengah dunia, dan mengajak Gereja untuk tidak hanya menyampaikan warta tentang Kristus dan menyalurkan rahmat-Nya kepada umat, tetapi juga ikut meresapi dan menyempurnakan tata dunia dengan semangat Injili (bdk. AA.no.5).

Untuk mewujudkan tanggung jawab tersebut, Kerawam menyebut sejumlah hal yang penting menjadi panduan.

Halaman
123
Penulis: maximus conterius
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved