Breaking News:

News

Tampil Beda, Imigrasi Bitung Antarkan Langsung Paspor ke Rumah Warga

Inovasi terbaru untuk meningkatkan kepuasan warga dalam pelayanan, yaitu Imigration Smart Corner dan Bitung Delivery Paspor.

Editor: Maickel_Karundeng
ISTIMEWA
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung, Adithia Perdana Barus melihat langsung siswa yang memanfaatkan Imigration Smart Corner. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kota Bitung, Sulawesi Utara terus berbenah dengan menyajikan inovasi.

Sebagai bentuk pelayanan prima kepada warga Kota Bitung yang akan mengurus paspor dan upaya mendukungan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Inovasi terbaru untuk meningkatkan kepuasan warga dalam pelayanan, yaitu Imigration Smart Corner dan Bitung Delivery Paspor.

Petugas Imigrasi Kelas II TPI Kota Bitung menyerahkan paspor di rumah warga sebagai bentuk pelayanan.
Petugas Imigrasi Kelas II TPI Kota Bitung menyerahkan paspor di rumah warga sebagai bentuk pelayanan. (ISTIMEWA)

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung, Adithia Perdana Barus ketika ditemui Tribun Manado, Senin (14/9/2020 diruang kerjanya berkata inovasi tersebut untuk
menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19 dan pelayanan prima bagi warga.

“Jika sebelumnya para pemohon Paspor datang di kantor setelah dia daftar online, diproses setelah itu datang lagi mengambil paspor, birokrasi ini kita pangkas. Setelah parpor selesai dibuat, untuk pemohon warga Kota Bitung, maka petugas kami yang antar sampai ke rumah pemohon,” tutur Kakanim Bitung.

Mantan Kepala Seksi Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur ini menambahkan, layanan tersebut sangat membantu aktifitas pemohon agar tidak bolak-balik lagi.

“Kan kita punya kendaraan dinas yang dibiayai Negara, biar kita yang antar saja untuk Kota Bitung, tanpa biaya,” tuturnya.

Ia menambahkan, program tersebut sudah mulai jalan 6 Agustus 2020 lalu.

Tak hanya itu saja, Pemohon Paspor yang datang diberikan pelayanan terbaik, dengan menyiapkan pojok pelayanan masyakarat yaitu Imigration Smart Corner.

“Kami merubah fungsi garasi mobil pimpinan disebelah kanan kantor, ditata senyaman mungkin, agar orang yang datang ke kantor kami ini seperti pengatar atau keluarga pemohon, kami berikan lokasi khusus, sehingga bisa mengurai orang-orang yang masuk dalam kantor, tapi tetap melalui protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh,” terangnya.

Adithia menambahkan, Imigration Smart Corner, bisa juga dimanfaatkan pemohon, pendamping orang asing dalam masa tunggu pelayanan, sambil bisa menikmati wifi gratis, kopi, teh atau air minum, serta cemilan dan beberapa buku bacaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved