Editorial Tribun Manado

Tiket Murah dan Corona

Namun, yang harus kita pikirkan adalah kualitas pariwisata itu sendiri, sehingga kita tak terlalu bergantung pada pelancong Tiongkok saja.

net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - KABAR gembira bagi warga Indonesia yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Ya, pemerintah memberikan diskon tiket pesawat sebesar 30 persen untuk wisatawan domestik ke 10 destinasi yang telah ditentukan yakni Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang.

Diskon tiket pesawat ini sebagai stimulus sektor pariwisata yang mulai lesu terdampak wabah virus corona. Insentif pemerintah itu berlaku selama tiga bulan, yakni Maret hingga Mei 2020. Selain dari pemerintah, maskapai bisa memberikan potongan harga untuk sebagian besar destinasi wisata domestik.

Di berbagai situs penjualan tiket online, destinasi yang pemerintah tunjuk sudah turun, meskipun insentif belum diberikan. Di situs Traveloka.com, tiket pesawat ke Bali pulang dan pergi (PP) sudah bisa didapat dengan kisaran harga Rp 1 jutaan.

Sebelumnya, harga tiket pesawat ke Bali PP mencapai kisaran Rp 1,5 juta-Rp 1,8 juta. Tiket termurah ditawarkan oleh Lion Air di kisaran Rp 533 ribu untuk satu kali jalan. Sedangkan, Garuda Indonesia terpantau masih berada di kisaran Rp 1,7 juta untuk satu kali jalan.

Sementara itu, situs AirAsia.com menjual tiket pesawat ke Bali PP pada kisaran harga Rp 1,1 jutaan. Tadinya, maskapai penerbangan berbasis di Malaysia itu membanderol tiket PP ke Bali di kisaran Rp 1,7 juta hingga Rp 3 jutaan.

Selain Bali, Labuan Bajo pun menjadi destinasi yang diberikan diskon oleh pemerintah. Destinasi yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini terkenal dengan harga tiket yang mahal.

KABAR GEMBIRA, Diskon Tiket Pesawat hingga 50 Persen Sudah Berlaku, Cek Rute & Pemesanannya di Sini!

Namun, dalam penelusuran di agen travel online, harga tiket PP dengan penerbangan langsung ke Labuan Bajo dibanderol kisaran Rp 2 jutaan. Sebelumnya, penerbangan PP ke Labuan Bajo sekitar Rp 2,8 juta-Rp 3 juta ke atas.

Semua harga tiket murah di situs perjalanan online tersebut ditujukan untuk keberangkatan Maret hingga April 2020. Pada Mei yang seharusnya masih diberikan insentif oleh pemerintah tidak mengalami perubahan harga justru kecenderungan naik karena Lebaran dan musim liburan.

Wabah virus corona telah 'menginfeksi' dunia. Sebanyak 2.977 orang meninggal akibat virus corona atau COVID-19 per Minggu (1/3/2020) pukul 8.13 WIB, menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Ibu dan Anak di Depok Positif Virus Corona, Banyak Warga Manado Buru Masker

Kabar ini memang menjadi pukulan bagi pariwisata Indonesia yang selama ini menjadi tujuan ribuan pelancong Tiongkok. Maka itu pemerintah berupaya memberi ‘stimulus’ bagi para pelancong dalam negeri.

Kita yang berada di Sulawesi Utara juga merasakan dampaknya. Pariwisata yang perlahan-lahan kita kembangkan mendapatkan tantangan yang hebat. Maka itu, perlu ada upaya lain untuk menggoda para pelancong untuk datang.

Tiket murah bisa jadi satu di antara cara itu. Namun, yang harus kita pikirkan adalah kualitas pariwisata itu sendiri, sehingga kita tak terlalu bergantung pada pelancong Tiongkok saja.

Dengan pengembangan yang baik, pariwisata dengan sendirinya akan menjadi ‘kebutuhan’ para penikmat wisata, entah harga tiket normal atau murah. (*)

Penimbun Masker Dipidana 5 Tahun Penjara

Ahok Calon Kepala Otoritas Ibu Kota Baru

Lapas Manado Tergenang, Kalapas dan Jajaran Pindahkan Warga Binaan

Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved