Penimbun Masker Dipidana 5 Tahun Penjara

Pemerintah akan menurunkan anggota kepolisian untuk menjaga supermarket guna mengantisipasi kepanikan pembelian kebutuhan dasar

Xinhua/SCMP
ILUSTRASI Pekerja membuat masker bedah di Dingzhou, di provinsi Hebei China utara berusaha memenuhi permintaan pasar akibat mewabahnya virus corona. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah akan menurunkan anggota kepolisian untuk menjaga supermarket guna mengantisipasi kepanikan pembelian kebutuhan dasar atau sembako berlebihan pasca-diumumkannya dua orang WNI positif terjangkit virus corona.

Ahok Calon Kepala Otoritas Ibu Kota Baru

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko di Kantor Staf Presiden,  Jakarta, Senin, (2/3).

Moeldoko meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi penyebaran virus corona atau Covid-19. Ia telah meminta Kapolri untuk mengerahkan anggotanya ikut menertibkan aksi pembelian sembako berlebihan, termasuk masker, di pusat perbelanjaan.

"Di situlah kita akan ambil langkah-langkah itu. Nanti Kapolri supaya menurunkan anggotanya untuk ikut membatasi masyarakat melakukan hal yang berlebihan seperti itu," kata Moeldoko.

Menurut Moeldoko, pemerintah menjamin ketersediaan barang kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu membeli berlebihan dan menimbun barang tersebut.

Senada dengan itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta masyarakat agar tetap tenang dalam menyikapi temuan dua warga Indonesia asal kota Depok, Jawa Barat, terinfeksi virus Corona.

Ia meminta masyarakat tidak panik berlebihan dalam mengantisipasi penyebaran virus corona dengan belanja kebutuhan sehari-sehari hingga peralatan medis, seperti masker dan  masker dan hand sanitazer, berlebihan.

"Jangan gampang panik lah, dalam kondisi seperti ini diperlukan ketanangan, kehati-hatian dan juga tidak grasak-grusuk. Termasuk belanja berlebihan, engga perlu," tandasnya.

Sementara itu, Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardhani mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tetap menjaga kesehatan seperti mengenakan masker saat bepergian dan mencuci tangan sesering mungkin.

Makan Bergizi dan Pakai Masker: Cara Hindari Corona

Ia pun meyakinkan pemerintah berusaha memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi, termasuk masker. "Pasti, itu pasti soal kelangkaan masker itu, kami sudah antisipasi dan pastikan kami bertindak untuk bagaimana pemenuhan untuk publik bisa terpenuhi," kata Jaleswari.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved