Tajuk Tamu Tribun Manado

Olahraga yang Menyehatkan bagi Penderita Penyakit Jantung Koroner

Olahraga memang baik dan dianjurkan bagi penderita penyakit jantung koroner, tetapi olahraga ini perlu dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan.

Olahraga yang Menyehatkan bagi Penderita Penyakit Jantung Koroner
Internet
Ilustrasi gerakan yoga 

Oleh:
Prof Dr dr Starry H Rampengan SpJP(K) MARS
Dosen Fakultas Kedokteran Unsrat
Staf Khusus Gubernur Bidang Kesehatan Masyarakat

PENYAKIT jantung koroner dengan gejala berupa serangan jantung sampai kematian mendadak merupakan pembunuh nomor satu di dunia.

Penyakit jantung koroner mudah berkembang ketika kolesterol tertumpuk di dinding arteri koroner yang mensuplai otot jantung membentuk plak aterosklerosis. Plak-plak ini menyebabkan penyempitan arteri sehingga aliran darah ke jantung berkurang.

Ketika arteri koroner menyempit, jantung tidak menerima cukup suplai darah yang mengandung oksigen, terutama selama aktivitas fisik sehingga dapat memicu terjadinya serangan jantung bahkan kematian.

Kondisi atau kebiasaan tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Hal ini dikenal sebagai faktor risiko.

Faktor risiko utama penyakit jantung koroner antara lain: kadar kolesterol jahat dalam darah yang tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, resistensi insulin, diabetes melitus, obesitas, usia (seiring bertambahnya usia, risiko mengalami penyakit jantung koroner semakin meningkat), riwayat keluarga dengan penyakit jantung dini serta yang sering diabaikan yaitu kurangnya aktivitas fisik.

Seorang WNI Masuk Daftar 21 Kasus Corona di Singapura, Tak Miliki Riwayat Perjalanan ke China

Cara untuk menjaga jantung tetap sehat yaitu dengan pola hidup sehat serta berolahraga dan menghindari gaya hidup yang kurang aktif seperti duduk terus menerus. Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga efektif dan aman bagi penderita penyakit jantung koroner.

Beberapa olahraga yang aman dan menyehatkan bagi penderita penyakit jantung koroner di antaranya:

1. Jalan sehat

Kebiasaan berjalan di pagi hari selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit metabolik, seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, dan penyakit jatung koroner. Jalan kaki bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah atau lingkungan sekitar rumah.

Terlibat Penipuan Berkedok Ivenstasi Bitcoin, Anggota TNI Dihadapkan di Pengadilan Militer

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved