Editorial Tribun Manado

Efek Penambahan Enam Polres Baru

Ambil contoh kasus pertikaian antarkelompok warga di Dumoga, Bolaang Mongondow, beberapa waktu lalu.

ferdinan ranti/tribun manado
Kapolda Sulut Lantik 48 Pejabat dan 6 Kapolres Baru 

TRIBUNMANADO.CO.ID - KAPOLDA Sulawesi Utara Irjen Sigid Tri Hardjanto melantik enam pejabat sementara kepala polres baru, Senin (28/10/2019).

Enam polres baru tersebut, yakni Polres Minahasa Tenggara, Polres Kepulauan Sitaro, Polres Bolaang Mongondow Selatan, Polres Bolaang Mongondow Utara, Polres Bolaang Mongondow Timur, dan Polres Bolaang Mongondow.

Kehadiran enam polres baru tersebut merupakan buntut dari pembentukan daerah otonom baru yang sudah terwujud lebih dari 10 tahun yang lalu.

Khusus Polres Bolmong, nama ini sebenarnya sudah lebih dahulu eksis saat daerah Bolaang Mongondow raya masih berada dalam satu Kabupaten Bolaang Mongondow sebelum pembentukan empat daerah otonom baru, termasuk Kota Kotamobagu di mana markas Polres Bolmong berada.

Seiring berjalannya waktu, nama Polres Bolmong akhirnya diubah menjadi Polres Kotamobagu dengan cakupan wilayah Bolaang Mongondow raya.

Kehadiran enam polres baru merupakan jawaban atas kebutuhan pelayanan masyarakat. Sama seperti pembentukan daerah otonom baru, diharapkan kehadiran polres semakin mendekatkan pelayanan polisi dengan masyarakat, khususnya dalam kebutuhan keamanan dan ketertiban.

Kantor Disdukcapil Bolsel Dialihkan Jadi Markas Polres

Bisa dibayangkan, daerah seluas Bolaang Mongondow raya yang meliputi lima daerah harus dicakup oleh satu polres.

Kapolres di sana pasti merasakan betapa persoalan jarak ini akan sangat berpengaruh pada kemampuan mereka menjangkau daerah-daerah yang lebih pelosok.

Meskipun sudah ada kepolisan sektor, nyatanya polisi juga kerap kesulitan mengatasi persoalan-persoalan kamtibmas yang sering terjadi.

Warga Dumoga Berebut Kantor Polres, Antara Eks Gedung PU, Eks Kantor Cabang Dinas dan Eks Puskesmas

Ambil contoh kasus pertikaian antarkelompok warga di Dumoga, Bolaang Mongondow, beberapa waktu lalu.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved