Tajuk Tamu Tribun Manado

Konsep Kota Modern untuk Manado

Warga Kota Manado membutuhkan perencanaan pengembangan kota yang terstruktur baik, masif dan sistematis untuk fokus pada tujuan bersama.

Konsep Kota Modern untuk Manado
ISTIMEWA
Ir Sonya Selviana Kembuan 

Oleh:

Ir Sonya Selviana Kembuan
Tokoh Perempuan Manado, Pengusaha Ekspor-Impor

DENGAN gagal merencanakan, Anda sedang merencanakan kegagalan. Ungkapan tokoh dunia Benjamin Franklin ini menusuk hingga ke sanubari ketika melihat sebuah daerah tidak berkembang maju seperti daerah lainnya.

Demikian halnya sebuah kota jika tidak direncanakan dengan program-program yang berkualitas dan tidak terorganisasi secara transparan dan kontinyu maka kemajuan kota itu hanya akan stagnan atau bahkan sebaliknya implementasi program-program pemerintah maupun swasta akan mengalami kegagalan.

Kondisi ini sedang dialami banyak kota di negara-negara berkembang di dunia termasuk Indonesia dan juga Kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Perubahan konsep setiap masa kepemimpinan dalam sistem birokrasi dan pemerintahan secara eksplisit menyebabkan pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM) tidak berjalan normal.

Harus ada konsep yang jelas dan berorientasi kepada kepentingan bersama jika ingin menjaga eksistensi Kota Manado sebagai ibu kota provinsi yang mumpuni dan bisa menjadi tolak ukur kota-kota lainnya. Warga Kota Manado membutuhkan perencanaan pengembangan kota yang terstruktur baik, masif dan sistematis untuk fokus pada tujuan bersama yaitu kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat bukan hanya kesejahteraan segelintir orang.

Bertitik tolak dari hal tersebut maka menurut saya konsep kota modern untuk Kota Manado sangat sesuai. Tak boleh multitafsir, berikut rincian konsep Kota Modern yang saya maksudkan.

1. Smart Economy

Kehidupan kota mengacu pada industri yang smart yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses produksi dan distribusi barang dan jasa. Semakin banyak inovasi-inovasi yang baru yang dikembangkan maka akan mempertahankan bisnis pelaku usaha.

2. Smart Mobility

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved