Pemilu 2019

Pemilu 2019 - Asli atau Palsu, Inilah Cara Mengecek Keaslian Form C1

Cara pembuktiannya, mereka tinggal menyandingkan antara scan formulir C1 yang ada di Situng, dengan C1 yang janggal, seperti yang terjadi di Boyolali.

Pemilu 2019 - Asli atau Palsu, Inilah Cara Mengecek Keaslian Form C1
TribunManado.co.id/Tribunnews.com
Kantor KPU RI 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan menjelaskan Sistem Informasi Penghitungan (Situng) selain punya fungai transparansi informasi hasil Pemilu, juga bermanfaat untuk rujukan bila ditemukan dokumen formulir C1 janggal.

Wahyu menyatakan demikian untuk menanggapi peristiwa penyitaan dua kardus berisi ribuan form C1 yang diangkut dengan sebuah mobil bertipe Daihatsu Sigra di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5) pagi.

"Situng selain merupakan bentuk transparansi hasil Pemilu, juga bermanfaat sebagai rujukan apabila ditemukan dokumen C1 yang janggal," kata Wahyu saat dikonfirmasi, Selasa (7/5/2019).

Sebab diketahui, selain penginputan form C1 ke Situng lewat angka-angka dan kemudian ditampilkan dalam grafik, Situng juga menyematkan hasil pemindaian form C1 di setiap TPS yang bisa diunduh.

Petugas Bawaslu Jakarta Pusat menunjukkan kardus berisi ribuan form C1 Pemilu yang diamankan polisi dari sebuah mobil yang melaju di kawasan Menteng, Jakarta, di Gedung Bawaslu Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019). Pihak Bawaslu mengatakan masih akan melakukan investigasi dan pemeriksaan terhadap temuan ribuan form C1 dari wilayah Boyolali dan sejumlah daerah lainnya tersebut.
Petugas Bawaslu Jakarta Pusat menunjukkan kardus berisi ribuan form C1 Pemilu yang diamankan polisi dari sebuah mobil yang melaju di kawasan Menteng, Jakarta, di Gedung Bawaslu Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019). Pihak Bawaslu mengatakan masih akan melakukan investigasi dan pemeriksaan terhadap temuan ribuan form C1 dari wilayah Boyolali dan sejumlah daerah lainnya tersebut. (Tribunnews/JEPRIMA)

Baca: TERBARU pemilu2019.kpu.go.id Real Count KPU Pilpres 2019, 07/05 Pkl.11.00 WIB, Data Masuk 69,40%

Katanya, penyelenggara Pemilu, bahkan masyarakat pun bisa dengan mudah mengetahui apakah form C1 yang diamankan itu adalah asli atau palsu.

Cara pembuktiannya, mereka tinggal menyandingkan antara scan formulir C1 yang ada di Situng, dengan C1 janggal asal Boyolali tersebut.

Bila terdapat perbedaan hasil antara keduanya, maka bisa dipastikan ribuan C1 yang diamankan itu merupakan C1 palsu.

"Terkait dengan fenomena ditemukannya C1 Boyolali yang diduga janggal, akan sangat mudah pembuktiannya. Tinggal disandingkan antara C1 yang tertera dalam situng dengan C1 janggal," jelas dia.

"Bila terdapat perbedaan, maka dapat disimpulkan bahwa C1 janggal tersebut adalah palsu," imbuhnya.

Sebelumnya, Bawaslu dan aparat kepolisian mengamankan mobil Daihatsu Sigra di Jalan Besuki, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu pagi.

Mobil diamankan lantaran diduga mengangkut ribuan form C1 palsu Pemilu 2019.

Form berada di dalam dua kardus, bertuliskan "Kepada Yth Bapak Toto Utmo Budi Santoso Direktur Satgas BPN PS Jl Kertanegara No 36 Jakarta Selatan" dan "Dari Moh Taufik Seknas Prabowo-Sandi Jl HOS Cokro Aminoto no 93 Menteng Jakarta Pusat." 

Baca: Aksi Caleg Blokade Jalan & Buat Kobaran Api di Jalinsum Bersama Relawan, Tuntut KPU, Ini Penyebabnya

Baca: Ini Respons BPN, Saat Laporan Kecurangannya Disebut Tanpa Bukti dan hanya Delegitimasi KPU

Tautan: http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/05/07/ini-cara-mudah-ketahui-form-c1-asli-atau-palsu.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved