Pilpres 2019

Jokowi dan Prabowo Bersaing Ketat Peroleh Suara di Lima Provinsi, Gorontalo di Antaranya

Jokowi dan Prabowo bersaing ketat dalam memeroleh suara Pilpres 2019 di lima provinsi, satu di antaranya adalah Gorontalo.

Jokowi dan Prabowo Bersaing Ketat Peroleh Suara di Lima Provinsi, Gorontalo di Antaranya
Istimewa
jokowi dan prabowo 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Jokowi dan Prabowo bersaing ketat dalam memeroleh suara Pilpres 2019 di lima provinsi, satu di antaranya adalah Gorontalo. perolehan suara dari kedua capres tersebut dapat diprediksi berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count (QC) sejumlah lembaga survei yang telah dipublikasi sejak Rabu (17/4/2019) pukul 15.00 sore.

Salah satu lembaga survei yang melakukan hitung cepat adalah Poltracking. Dari 99,3 persen sampel yang telah terkumpul, diperoleh hasil Joko Widodo-Ma’ruf Amin 54,87 persen dan Prabowo-Sandiaga Uno 45,13 persen.

Jika dilihat data per provinsi, maka masing-masing paslon memiliki lumbung suaranya masing-masing. Seperti Jokowi yang unggul di Jawa dan Prabowo yang unggul di Sumatera.

Masyarakat tentunya masih perlu menunggu penghitungan resmi Komisi Pemilihan Umum. Namun, quick count ini memberikan gambaran persaingan dua paslon selama Pilpres 2019.

Baca: Perolehan Suara Sementara DPD RI Bolmong, Ch21 Unggul

Dari data tersebut juga dapat dilihat, Jokowi dan Prabowo bersaing ketat dengan selisih hasil yang relatif tipis.

Setidaknya, terdapat lima provinsi yang menunjukkan hasil ketat antara keduanya, yakni DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Sulawesi Tenggara.

Baca: Denny Tewu Bentuk DT34 , Tim Relawan dan Saksi Jaga Perolehan Suara

Di Ibu Kota, persaingan panas terjadi. Masyarakat Jakarta seolah terbagi menjadi dua, antara kubu pendukung Jokowi dan Prabowo. Jokowi mendapat suara 50,07 persen, sementara Prabowo mendapat suara 49,93 persen. Selisih suara sangat tipis, di bawah 1 persen, yakni hanya 0,14 persen.

Dari kedua kubu paslon, masing-masing terdapat tokoh yang pernah menjabat sebagai pemimpin di DKI Jakarta.

Mereka adalah Jokowi yang pernah menduduki kursi DKI 1 dan Sandiaga Uno yang baru saja melepas jabatannya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Sulawesi Tengah

Halaman
123
Editor:
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved