KPU Perlu Libatkan KPK Tangani Politik Uang

Jerry Massie dari Direktur Indonesian Politic Institute menilai, money politics ibarat sudah 'mendarah daging'. Ini diakibatkan para legislatif

KPU Perlu Libatkan KPK Tangani Politik Uang
Istimewa
Jerry Massie, Pengamat Politik Indonesian Politic Institute (IPI) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jerry Massie dari Direktur Indonesian Politic Institute menilai, money politics ibarat sudah 'mendarah daging'. Ini diakibatkan para legislatif dan eksekutif yang telah menanam benih yang tidak baik.

Di Sulut ancaman terbesar pilpres dan pileg adalah money politics.

Praktik ini laris di negara miskin dan berkembang. Tapi kalau di Amerika Serikat (AS) dan Eropa, praktik ini tak laku. Pasalnya mereka antisuap. Karena kemiskinan (poverty) yang bikin praktik ini menggurita.

Saya lihat dirty playing (permainan kotor) ini tumbuh subur di Indonesia. Apalagi Sulut yang tingkat suap politik bahkan money politics cukup tinggi.

Memang regulasi UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu agak lemah. Peran Gakkumdu belum optimal. Maka ke depan perlu ada polisi kepemiluan yang akan mengurus hal ini. Misalkan di ASN ada Satpol PP.

Pentingnya ada koordinasi KPU dan KPK biar ada penggabungan UU. Agar pelaku money politics bisa dijerat dengan UU.

Ferry Liando
Ferry Liando (Tribunnews.com)

Liando: Caleg Banyak Modus

Potensi pelanggaran politik uang tetap ada. UU Pemilu tidak cukup efektif mencegah politik uang. Kasus di Unima salah satu contoh. Meski barangnya jelas, tapi untuk membuktikannya amatlah sulit.

Demikian pendapat pengamat pemilu dari Universitas Sam Ratulangi, Ferry Liando. Lanjut dia, sepertinya Bawaslu tidak akan mampu memantau semua pergerakan para caleg. Jumlah petugas pengawas tidak cukup luas sembarannya.

“Mereka terbatas dari sisi tenaga. Sehingga peluang ini akan dimanfaatkan para caleg untuk menangkap momentum yang tepat. Semua caleg membuat target untuk harus menang. Apalagi sebagian caleg sudah membuang banyak energi termasuk mengeluarkan dana yang cukup besar,” katanya kepada tribunmanado.co.id, Minggu (14/4/2019).

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved