MUI Bantah Keluarkan Fatwa Haram, Golput di Pilpres 2019

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang fatwa Huzaimah T Yanggo menegaskan pihaknya tidak pernah mengeluarkan fatwa haram untuk golput

Rnib.org.uk
Ilustrasi Golput 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang fatwa Huzaimah T Yanggo menegaskan pihaknya tidak pernah mengeluarkan fatwa haram untuk golput.

Justru, kata Huzaimah, MUI mengimbau masyarakat untuk memilih pemimpin yang telah memenuhi syarat.

Menurut Huzaimah bagi umat islam wajib hukumnya memilih pemimpin.

"Sebetulnya tidak pernah mengeluarkan fatwa Golput, itu bahasa dari wartawan sebenarnya, yang ada itu sebenarnya pada poin lima disebutkan siapa yang tidak memilih sama sekali padahal ada calon yang memenuhi syarat kriteria maka haram kalau dia tidak memilih," kata Huzaimah dalam diskusi Empat Pilar MPR bertajuk 'Efektifitas Fatwa Haram Golput Tingkatkan Partisipasi Pemilih?', di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Baca: Dituding Perintahkan Kapolsek Menangkan Jokowi, Kapolres Garut: Itu Tak Berdasar

Huzaimah pun memaparkan kriteria pemimpin yang baik untuk dipilih masyarakat.

"Selain beriman dan bertaqwa juga mempunyai sifat Assidiq artinya benar, Amanah bisa dipercaya, Tabligh artinya menyampaikan dan Fathonah yang artinya cerdas, mempunyai kemampuan untuk memimpin," paparnya.

Huzaimah menambahkan sebenarnya fatwa MUI itu sudah lama dikeluarkan MUI.

Baca: Patah Hati Putus Hubungan dengan Pacar, Pria Ini Sebar Video Mesum Mantan Kekasih di Tempat Terbuka

Baca: Tak Dibiayai Menikah, Seorang Anak Pukul Ayahnya hingga Meninggal Dunia

Ia pun menolak anggapan jika keluarnya fatwa tersebut karena Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin maju sebagai calon wakil presiden.

"Fatwa ini dikeluarkan bukan nanti sekarang, itu dari tahun 2009, ijtima' Ulama komisi fatwa Se- Indonesia pada tahun 2009 di Padang panjang waktu itu. Ada yang nanya sama saya, 'kenapa MUI mengeluarkan fatwa Golput itu, haram Golput? Apakah karena Kiai Ma'ruf Amin masuk sebagai ketua umum? saya jawab tidak. Ini dari tahun 2009 sedangkan Kiai Ma'ruf Amin baru sekarang dan beliau juga masuk pribadi bukan MUI-nya yang masuk," katanya.

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul MUI Tegaskan Tidak Pernah Keluarkan Fatwa Haram Golput

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved