Renungan Minggu

Renungan Minggu - Roh Yang Mempersatukan

Trikotomi adalah ajaran yang mengatakan bahwa diri manusia terbagi menjadi tiga bagian yaitu Tubuh, Jiwa, dan Roh

Renungan Minggu - Roh Yang Mempersatukan
Istimewa
Pdt Marco Wagey MTh 

Pdt Marco Wagey MTh
* Pendeta Pelayanan Tasik Genesaret Sindulang 2

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Saudara- saudara yang diberkati Tuhan ada suatu ajaran yang mungkin kita kenal ataupun pernah mendengarkannya yaitu yang namanya “Trikotomi”. Trikotomi adalah ajaran yang mengatakan bahwa diri manusia terbagi menjadi tiga bagian yaitu Tubuh, Jiwa, dan Roh.

Pandangan ini berdasarkan pada pengertian bahwa Allah menciptakan manusia dengan memberikan 3 unsur utama yaitu tubuh, jiwa dan Roh. Sebagaimana juga dalam pandangan filsuf Yunani bahwa tubuh, jiwa dan roh adalah satu kesatuan yang ada dalam manusia yang hidup.

Sedangkan paham Ibrani mengatakan bahwa tubuh dijadikan dari tanah liat, jiwa adalah kehidupannya (nyawanya) dan Roh adalah bagian yang dapat merasakan, mendengar melihat dan memikirkan. Dari beberapa penjelasan ini jelas mau mengatakan bahwa Roh itu adalah bagian paling penting dalam kehidupan manusia.

Manusia memiliki tubuh, jiwa tanpa Roh sama saja tidak ada artinya. Tapi yang perlu diingat bahwa Roh itu memiliki kuasa , ada yang memiliki kuasa yang jahat (Roh Jahat) dan ada yang memiliki kuasa yang baik (Roh Kudus).

Baca: Renungan Minggu: Mengandalkan Tuhan

Baca: Renungan Minggu: Kasih Yang Mengubahkan

Kita merayakan apa yang namanya hari Raya Pentakosta bukan Pantekosta. Jadi istilah penyebutannya adalah Pentakosta bukan Pantekosta.

Pentakosta sendiri kita pahami sebagai hari ketuangan Roh Kudus atau hari dicurahkannya Roh Kudus kepada para Rasul di Yerusalem yang terjadi 50 hari setelah peristiwa kebangkitan Yesus Kristus.

Roh Kudus sendiri dicurahkan kepada para Rasul sesuai dengan yang dijanjikan Yesus Kristus setelah Ia naik ke Sorga (lih Kis 1 : 8). Roh Kudus dicurahkan kepada para Rasul sendiri yaitu untuk memperlengkapi mereka menajdi Saksi Kristus. Di sini kita melihat peran Roh Kudus yaitu yang memberi “kuasa” (dunamis, dunamo).

Saudara- saudara yang diberkati Tuhan, Peristiwa Pentakosta dalam pembacaan Alkitab kita ini terjadi dalam suasana yang begitu luar biasa.

Pertama kita melihat bahwa peristiwa ini terjadi “ketika mereka semua berkumpul di satu tempat”. Tempat apa itu kita tidak diberikan penjelasan secara detail entah itu di Bait Allah ataukah di tempat –tempat mereka bertemu namun jelasnya tempatnya itu terjadi di Yerusalem, karena Yerusalem dikenal sebagai tempat bertemunya orang –orang karena identitas Yerusalem yang dikenal sebagai kota suci, jadi ada kemungkinan mereka bersiarah atau pergi beribadah di Yerusalem.

Halaman
123
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved