Minsel Sulawesi Utara

Gelombang Air Laut Hampir 3 Meter di Teluk Amurang Resahkan Warga Pesisir Pantai Kambiow

Kondisi Cuaca ekstrem yang terjadi awal tahun di Kabupaten Minahasa Selatan khususnya di Amurang dan sekitarnya

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Chintya Rantung
Isak/Tribun Manado
Warga pesisir pantai Kambiow Bitung Amurang, Minsel Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kondisi Cuaca ekstrem yang terjadi awal tahun di Kabupaten Minahasa Selatan khususnya di Amurang dan sekitarnya membuat warga di pesisir pantai kuatir dan cemas.

Hujan deras yang disertai angin kencang serta gelombang air pasang di teluk Amurang dalam sepekan ini, membuat warga yang berada di pesisir pantai Kambiow (Kambiow Beach) Bitung Amurang sering mengalami ketakutan.

Wempie Moniaga bersama istrinya Yulce Paat dalam sepekan ini sering cemas dengan kondisi gelombang air pasang yang terjadi mengingat lokasi tempat tinggal mereka yang kini hanya beberapa meter dari bibir pantai.

"Sudah dari hari Jumat, Ombak besar sekitar dua sampai tiga meter sering terjadi malam hari.

Meskipun ombak pecah agak jauh tapi air bisa sampai di halaman belakang rumah kami.

Meskipun tidak masuk kedalam rumah tapi hal ini sangat meresahkan kami. Karena kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi, " kata Yulce saat diwawancarai Tribun Manado, Kamis (12/1/2023).

Masih segar dalam ingatan mereka bencana abrasi pantai pertengahan Juni 2022 di lokasi tersebut yang menenggelamkan jembatan serta restoran dan beberapa cottage.

"Sebelum bencana tahun lalu rumah kami masih jauh dari pantai masih sekitar ratusan meter.

Setelah bencana terjadi kondisi sudah berubah ditambah lagi abrasi yang terus terjadi karena tidak ada tanggul penahan abrasi akibatnya lahan kami semakin terkikis dan menyisakan beberapa meter saja dari bibir pantai.

Jujur saja dalam sepekan ini kami sering mengalami ketakutan dan susah tidur, mendengar suara ombak yang keras dan hujan deras serta angin kencang malam hari, "kata Yulce.

Meskipun demikian mereka hanya bisa pasrah karena tidak punya tempat tinggal lain. Mereka hanya dapat berharap agar pemerintah segera membangun tanggul penahan abrasi.

" Kami bersama empat keluarga yang lain di sini hanya bisa pasrah melihat kondisi saat ini dan berharap agar pemerintah secepatnya dapat membangun tanggul sehingga abrasi tidak meluas. Kami takut rumah kami hanyut, "harap Yulce dan Wempie. 

Tentang Minsel

Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved