Opini

Sorot Balik, 3 Hari di Tanah Toar Lumimuut

Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa dan menjadi dasar pedoman bagi kita masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke

Editor: David_Kusuma
Dok Pribadi
Efraim Maramis Lengkong 

Oleh: Efraim Maramis Lengkong (Anggota JPM2 Sulut Kabid Hukum dan Advokasi)

Dalam rangka membumikan ideologi Pancasila, sebagai dasar pemersatu bangsa, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIB) sebagai lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi.

Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa dan menjadi dasar pedoman bagi kita masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Pancasila menjadi Alat pemersatu bangsa karena dalam setiap sila sudah mengatur manusia di Indonesia secara umum, tidak membeda-bedakan antara agama, suku dan Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan selesai.

Untuk itu BPIP RI bersama Jejaring Panca Mandala Mapalus (JPM2) Sulawesi Utara dan JPM Sepakat Kota Bitung melaksanakan kegiatan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bagi ASN di lingkup kerja kota Bitung selasa (30/08/2022) dan materi dibawakan langsung oleh Direktur Pengkajian Pembinaan Idiologi Pancasila, Dr Muhammad Sabri MA, moderator Ibu Lanri Febrianty Nunsi yang juga merupakan salah seorang Rektor di salah satu Universitas, didampingi oleh Ketua JPM2 Sulut Dr Michel Barama SH MH, Sekertaris JPM2 Sulut Drs Trius Abbas dan Ketua Panca Mandala Sepakat Kota Bitung Drs Oktavianus WCH Tumundo MSi.

Acara yang diselenggarakan oleh Jejaring Panca Mandala Mapalus (JPM2) Sulut dan Jejaring Panca Mandala Sepakat Kota Bitung tersebut di support langsung oleh Wali Kota dan kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar SE mewakili Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri.

kegiatan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila1
kegiatan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila

Mantiri dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh wakil wali kota mengatakan bahwa pemerintah kota Bitung sangat mendukung akan Kegiatan acara ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut para staf ahli wali kota, para asisten, para kepala perangkat daerah, 
camat, dan lurah se–kota Bitung, FKUB Kota Bitung, dan FKDM.

Selesai membawakan materi rombongan melanjutkan kunjungan di wilayah KEK Pariwisata Minahasa Utara tepatnya di Pantai Pal di desa Winuri Kecamatan Likupang Timur (liktim) dengan melewati jalan pantai utara yang memesona.

Kedatangan rombongan disambut hangat oleh ibu Camat Liktim Delby Wahiu dengan pisang goreng, kopi, dan makan ikan bakar yang baru ditangkap di laut. Pada kesempatan tersebut nampak Dr M Sabri, Ibu Lanry 
Febrianty, dan rombongan “melepas penat” di atas pasir putih dan sang penulis sambil tersenyum 
menuliskan I Love Pancasila “on the white send”

Jelang magrib rombongan pulang menuju kota Manado untuk bersilahturahmi dengan Kapolda 
Sulawesi Utara Irjen Pol Drs Mulyatno SH MM.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved