Breaking News:

Pembangunan Manusia Sulawesi Utara dari Kacamata Gender

Keadilan gender dapat terjadi jika tercipta kondisi porsi dan siklus sosial antara perempuan dan laki-laki yang setara, serasi, seimbang, dan harmonis

moderndiplomacy.eu
Ilustrasi kesetaraan gender 

Oleh:
Amarlia Putri Garini, SST
Staf Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Kabupaten Bolaang Mongondow

MEMPERINGATI Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret, isu kesetaraan dan keadilan gender antara perempuan dan laki-laki masih menjadi topik hangat untuk dibahas.

Dikutip dari situs Badan Pusat Statistik, istilah gender sendiri digunakan untuk menjelaskan perbedaan peran perempuan dan laki-laki yang bersifat bawaan sebagai ciptaan Tuhan.

Gender adalah pembedaan peran, kedudukan, tanggung jawab, dan pembagian kerja antara perempuan dan laki-laki yang ditetapkan oleh masyarakat berdasarkan sifat perempuan dan laki-laki yang dianggap pantas menurut norma, adat istiadat, kepercayaan atau kebiasaan masyarakat.

Sedangkan ketidakadilan gender merupakan kondisi tidak adil akibat dari sistem dan struktur sosial, sehingga baik perempuan maupun laki-laki menjadi korban pada sistem tersebut.

Keadilan gender akan dapat terjadi jika tercipta suatu kondisi dengan porsi dan siklus sosial antara perempuan dan laki-laki yang setara, serasi, seimbang, dan harmonis.

Dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), tujuan kelima adalah untuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

Sejalan dengan TPB, salah satu agenda RPJMN 2020–2024 adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, diantaranya melalui peningkatan kualitas anak, perempuan, dan pemuda.

Pencapaian terhadap tujuan TPB dan agenda RPJMN tersebut dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Gender (IPG).

IPG merupakan indeks pencapaian kemampuan dasar pembangunan manusia, yang sama seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tetapi dengan memperhatikan ketimpangan gender antara perempuan dan laki-laki.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved