Breaking News:

Ex Philosophia Claritas

Epithumia-Thumos-Logistikon dan Sikap Pemimpin

Menurut ukuran Plato, ciri manusia yang mumpuni dapat dilihat dalam kerangka susunan: Epithumia, tumos dan logistikon.

Istimewa
Ambrosius Loho 

Oleh:
Ambrosius M Loho M.Fil
Dosen Unika De La Salle Manado
Pegiat Filsafat

MASIH hangat dalam ingatan semua orang tentang viralnya salah satu sosok penting di lembaga perwakilan rakyat, terkait masalah pribadi yang menurut ukuran tertentu merupakan sebuah kesalahan fatal.

Semua itu menjadi ranah publik ketika hal itu viral di seantero Indonesia, dalam berbagai pemberitaan media online, maupun media cetak.

Kita memang tidak harus memosisikan diri sebagai eksekutor atas masalah itu, tapi kita perlu mengedepankan berbagai hal yang seharusnya mendasari setiap perbuatan yang dilakukan oleh wakil rakyat, tokoh masyarakat atau pun pemimpin.

Setiap pribadi tentu memiliki kekhasannya. Setiap pribadi juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kendati begitu, berbagai pemberitaan tidak lalu dikonsumsi mentah-mentah selain menjadi pembelajaran, seraya mencari fondasi yang kuat sehingga kejadian sejenisnya tidak terjadi terus menerus.

Mengapa demikian, karena bagi penulis, landasan yang kokoh sering menjadi satu-satunya kunci yang kokoh untuk hidup sebagai orang panutan.

Bagi penulis, hal lain yang mendasar, di samping ugahari sebagaiman telah penulis publikasikan sebelumnya bertajuk: Ugahari dan Karakter Pemimpin (Tribun Manado, Selasa, 9 Februari 2021), adalah pemikiran filsuf Yunani kuno, Plato.

Dalam karya ‘Arete: Hidup Sukses Menurut Plato’, Setyo Wibowo mengetengahkan bahwa pengendalian diri harus dimengerti berpijak dari cara bagaimana seseorang belajar hidup sukses. Untuk hidup sukses individu harus memahami apa itu filsafat.

Menurut Plato, filsafat adalah ilmu yang menimbulkan hasrat untuk terus menerus mencari tahu. Jadi, sejauh kita semua selalu ingin tahu secara kodrati, kita sebenarnya berjiwa seorang filsuf. Pendek kata, filsafat bertitik tolak dari rasa ingin tahu. (Wibowo 2010: 21).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved