Breaking News:

OPINI

Sinyo Harry Sarundajang, Sang Flamboyan yang Cerdik. Terima Kasih atas Jasamu, Selamat Jalan!

Figur yang flamboyan. Ya seperti pohon flamboyan, yaitu pohon pelindung yang rindang. Tapi pohon itu pun berbunga semarak. Gemerlapan! Megah.

Istimewa/Ryo Noor
Sinyo Harry Sarundajang punya karir yang mentereng. 

Oleh: Andre Vincent Wenas

Figur yang flamboyan.

Ya seperti pohon flamboyan, yaitu pohon pelindung yang rindang. Tapi pohon itu pun berbunga semarak. Gemerlapan! Megah.

Begitulah Sinyo Harry Sarundajang, seorang politisi yang sangat tajam instingnya. Selalu tampil necis, wangi dan tersenyum. Piawai dalam membangun komunikasi, sambil matanya – seperti elang – tetap tajam menatap …ke segala arah.

Dari mana dan mau kemana angin politik berhembus mampu ia baca dengan bijak. Dan layar pun segera ia atur, menyesuaikan, agar kapalnya tetap laju. Luar biasa memang. Salut!

Mantan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang
Mantan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang (Istimewa/Arthur Rompis)

Dua periode sebagai Gubernur Sulawesi Utara, ia yang pertama dipilih langsung oleh rakyat Sulut.

Setelah meniti karir panjang birokrasi – boleh dibilang ia mulai dari bawah – sampailah ia ke pucuk kursi pimpinan di provinsi. Banyak obituari yang sudah ditulis tentang perjalanan karirnya.

Ia yang tahu betul seluk-beluknya, nyanda ada lawang do eh! Guru besar dunia persilatan birokrasi pemerintahan dan politik, so dia itu…

Sewaktu ditawari ikut dalam konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, ia pun ikut serta. Saat itu – tahun 2013 – kabarnya ia sempat bilang bahwa kalau ia yang jadi calon presiden, maka cawapresnya adalah Joko Widodo. Hmm…

Sementara menjabat sebagai Dubes RI untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Palau ia wafat – Sabtu, 13 Februari 2021 jam 00.30 – dengan meninggalkan banyak sekali kenangan, legacy.

Halaman
123
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved