Breaking News:

Sarundajang Meninggal

Sahabat dan Mentor Presiden Duterte Itu Telah Pergi, Ucapan Belasungkawa Warga Kawanua Mengalir

emilik nama lengkap Dr Drs Sinyo Hari Sarundajang merupakan birokrat politisi yang lahir dan besar dari tanah Minahasa, kemudian mengabdi

HO / PRESIDENTIAL PHOTO DIVISION / AFP
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemilik nama lengkap Dr Drs Sinyo Hari Sarundajang merupakan birokrat politisi yang lahir dan besar dari tanah Minahasa, kemudian mengabdi hingga level internasional.

Buktinya, Presiden Filipina, Rodrigo Roa Duterte yang merupakan teman akrab Duta Besar dan Berkuasa Penuh Filipina merangkap Kepulauan Palau dan Marschal Island ini pada satu kesempatan menyatakan Sarundajang merupakan mentor politiknya.

Ceritanya sewaktu Rodrigo Roa Duterte masih menjabat Wali Kota Davao dan Dr Drs SH Sarundaang sebagai Gubernur Sulut, keduanya lalu berbincang mengenai rencana ke depan setelah lama menjabat posisi masing-masing.

Presiden Rodrigo Roa Duterte saat masih menjabat Wali Kota Davao dan menjamu Dr SH Sarundajang saat masih menjabat Gubernur Sulut
Presiden Rodrigo Roa Duterte saat masih menjabat Wali Kota Davao dan menjamu Dr SH Sarundajang saat masih menjabat Gubernur Sulut (Tribun Manado)

Saat itu SH Sarundajang menceritakan pengalamannya mengikuti konvensi Calon Presiden yang diadakan Partai Demokrat. Karena itu, saat keduanya bertemu Duterte menyatakan dirinya akan mencalonkan diri menjadi Presiden Filipina.

Kabarnya SHS ketika itu memberikan beberapa saran dan masukan kepada sahabatnya tersebut. Itulah yang membuat Duterte menyebut SHS merupakan mentornya.

Beberapa tokoh kawanua yang pernah memegang jabatan penting di daerah maupun level nasional memberikan ucapan belasungkawa. Di antaranya, Theo Sambuaga, Ir Lucky Harri Korah MSi, Pengacara OC Kaligis dan sejumlah tokoh kawanua lainnya.

Dr Drs Sinyo Hari Sarundajang sendiri menikah diusia yang terbilang muda yakni 24 tahun. Tepatnya 17 Juni 1969, Sinyo menikahi wanita pujaan hatinya. Gadis belia asal Desa Kolongan Atas, Sonder ini, bernama Deetje Laoh Tambuwun.

Baca juga: Video Ucapan Valentine Day Romantis, Cocok Dikirim untuk Orang Tersayang di Hari Kasih Sayang

Baca juga: Jarang di Ekspose, Begini Rupa Anak Glenn Fredly, Sudah Bisa Berjalan Sendiri

Tokoh Perdamaian Maluku dan Malut

Sulawesi Utara kehilangan salah seorang putra terbaiknya, Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

SHS yang kini menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina meninggal dunia dalam usia 76 tahun di Jakarta, pada Sabtu (13/2/2021) pukul 00.31 WIB dinihari.

Halaman
1234
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved