Breaking News:

Tajuk Tamu

Penerapan Pasien Centered Care Dalam Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan, Sebuah Studi Analisis

PCC adalah mengelola pasien dengan merujuk dan menghargai individu pasien meliputi preferensi/pilihan, keperluan, nilai – nilai.

Isitmewa
Widia Astuti, Mahasiswa STIK Karya Husada Program Studi Magister Keperawatan Semarang 2021 

(Penulis : Widia Astuti, Mahasiswa STIK Karya Husada Program Studi Magister Keperawatan Semarang 2021)

Patient Centered Care (PCC) adalah mengelola pasien dengan merujuk dan menghargai individu pasien meliputi preferensi/pilihan, keperluan, nilai – nilai, dan memastikan bahwa semua pengambilan keputusan klinik telah mempertimbangkan dari semua nilai – nilai yang diinginkan pasien.

Stitute Of Medicine (IOM) mendefinisikan PCC sebagai asuhan yang menghormati dan responsif terhadap pilihan, kebutuhan dan nilai – nilai pribadi pasien. Serta memastikan bahwa nilai – nilai pasien menjadi panduan bagi semua keputusan klinis.

PCC menekankan bahwa pengelola rumah sakit perlu melihat dari perspektif pasien atau membayangkan diri sendiri menjadi pasien 11 12 untuk dapat memahami kebutuhan pasien dan menjadi rumah sakit yang fokus pada pasien.

Seluruh komponen rumah sakit, termasuk klinisi harus menerapkan konsep PCC dan pola pikir bahwa pasien adalah satu – satunya pasien yang ada sehingga benar–benar fokus, serta tidak membuat keputusan tanpa melibatkan pasien ( no decision for me without me )

PCC merupakan inisiatif untuk meningkatkan pelayanan yang bervariasi, termasuk upaya untuk meningkatkan model pelayanan penyakit kronis, kompetensi budaya dan keragaman di tempat kerja.

Dari berbagai jurnal penelitian mengenai PCC yang penulis dapatkan, PCC memiliki manfaat sebagai berikut (Shaller 2007; Hudon et al. 2011; Ells, Hunt, and ChambersEvans 2011;Suhonen, Välimäki, and Leino-Kilpi, n.d.; Sidani 2008) :

a. Meningkatkan kepuasan pasien

b. Meningkatkan hasil klinis

c. Mengurangi pelayanan medis yang berlebihan dan tidak bermanfaat

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved