Breaking News:

Gigatan Pilkada

KPU dan Bawaslu Boltim Siap Hadapi Gugatan Paslon di MK

KPU Boltim siap menghadapi sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKADA) yang digugat pasangan AMA-UKP dan SB-RG.

RYANA ARYADITA UMASUGI
Ilustrasi Persidangan di Mahkamah Konstitusi - Gugatan PHP paslon bupati dan wakil bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), SBRG dan AMA-UKP telah teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin 18 Januari 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), SBRG dan AMA-UKP telah teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin 18 Januari 2021.

Dengan demikian, gugatan kedua paslon di MK tinggal menunggu jadwal sidang.

Terkait hal itu, KPU Boltim siap menghadapi sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKADA) yang digugat pasangan AMA-UKP dan SB-RG.

Sebagai pihak termohon dalam sengketa itu, KPU sudah menyiapkan berbagai jawaban maupun dokumen dan saksi.

“Kita juga akan ikut rapat koordinasi PHP di Jakarta berkaitan dengan sengketa PHPKADA di MK,” kata Komisioner KPU, Devita Pandey, saat dikonfirmasi, Tribunmanado.co.id, Rabu (20/1/2021).

Devita Pandey yang juga Ketua Divisi Hukum dan Pengawan KPU Boltim menjelaskan, pihaknya sudah menyusun jawaban terkait sidang PHPKADA di MK. 

Selain itu, alat bukti pendukung serta saksi juga sudah disiapkan. 

“Personel sudah kita siapkan, baik dari KPU maupun PPK. Nantinya pihak pemberi keterangan juga ada dari Bawaslu. Terkait pengacara, kita akan koordinasi dengan KPU Provinsi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Hariyanto mengatakan, pihaknya juga siap memberi keterangan pada persidangan di MK. 

Namun demikian, pihaknya hingga kini masih menunggu pemberitahuan resmi dari MK terkait proses persidangan. 

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved