Breaking News:

RHK Senin 16 November 2020

RHK - Senangkan Hati Sesama

Selain menyebut manusia sebagai makhluk sosial (homo homini socius), Adam Smith juga menyebut manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus).

RHK - Senangkan Hati Sesama
Istimewa
Renungan

Roma 15:2

TRIBUNMANADO.CO.ID - Selain menyebut manusia sebagai makhluk sosial (homo homini socius), Adam Smith juga menyebut manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus). Artinya manusia cenderung tidak pernah puas dengan apa yang diperolehnya dan selalu berusaha secara terus menerus memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk menyenangkan hatinya.

Renungan
Renungan (WWW.THOUGHTCO.COM)

Inilah kenyataan hidup manusia duniawi. Rasul Paulus menasihati kita agar menjadi anak Tuhan yang juga hamba Allah dengan identitas sebagai manusia baru dalam Kristus. Itulah orang beriman kepada Kristus.

Kita yang percaya Kristus, harus berbeda dengan "dunia." Kita harus menolong orang yang lemah dan menyenangkan hati sesama, demi kebaikan orang lain untuk membangunnya agar terarah dan tertuju kepada Allah.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Setiap orang di antara kita harus mencari kesenangan sesama kita demi kebaikannya untuk membangunnya." (ay 2)

Realitas hidup kita dalam kekinian, sangat sulit menemukan orang yang hidupnya menyenangkan apalagi mengutamakan orang lain. Egoisme, konsumerisme bahkan materalisme sering menguasai orang percaya sehingga mengabaikan sesama.

Banyak orang bukannya menyenangkan sesamanya, tapi susah melihat orang senang dan senang melihat orang lain susah.

Ada ungkapan dalam dialek Manado antara lain, ngana jo tu sanang, kong torang tu susah. Dari pada ngna tu sanang, lebeh bae nyanda. Dari pada dia, lebeh bae nyanda. Kiapa kong dia, bukang kita, lebeh bae sama-sama nyanda." Banyak lagi ungkapan-ungkapan yang tidak ikhlas dan tidak mau melihat orang lain senang.

Baca juga: Ini Closing Statement Hengky Honandar di Debat yang Menggugah Hati

Baca juga: Fakta Keberhasilan Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Masuk Daftar Termuda, Penantian 20 Tahun Suzuki

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Besok Selasa 17 November 2020, Scorpio Kamu dan Pasanganmu akan Bertengkar

Kita harus senang dengan orang yang senang. Jika ada sesama kita yang tidak senang, maka menjadi 'kewajiban' kita untuk menyenangkan mereka. Bukan sebaliknya.

Jangan egois. Jangan justeru menuntut orang lain menyenangkan kita, apalagi mereka orang lemah. Kita tidak boleh memaksakan sesama untuk menyenangkan hati kita. Tapi, kitalah yang harus berusaha menyenangkan hati sesama.

Setidaknya kita hidup sama-sama senang atau 'win win solution.' Jadi, jika kita ingin senang, maka senangkanlah hati orang lain. Jika kita menyenangkan hati orang lain apalagi orang lemah, maka hati Allahlah yang kita senangkan. Jika kita menyenangkan hati Allah, maka Allah akan menyenangkan kita.

Jika Allah yang menyenangkan hati kita, maka Dia akan mendatangkan kebaikan-Nya atas kita. Kebaikan Allah adalah sempurna dan tak terbatas.

Keluarga Kristen harus menyenangkan hati Kristus dengan menyenangkan orang yang lemah bahkan semua orang. Apalagi mereka yang sedang berduka, bersedih, bergumul, kesusahan. Senangkanlah hati mereka dengan tindakan nyata.

Maka Tuhan Yesus akan bertindak dengan kekuasaan kasih-Nya menyenangkan dan memberkati kita dan keluarga secara luar biasa, selamanya. Amin

DOA: Tuhan Yesus, mampukan kami hidup menyenangkan hati sesama, seperti kami melakukannya untuk Tuhan dan berkatilah kami selalu. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved