Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Wagub Beber Alasan Gubernur Olly Keluarkan Pergub, Pedoman Jalani Hidup di Tengah Covid

Sudah sekitar 4 bulan penyebaran Covid 19 berlangsung. Sejak 12 Maret ditetapkan status bencana, kini sudah masuk Juli 2020

Tribun manado / Ryo Noor
Wagub Beber Alasan Gubernur Olly Keluarkan Pergub 

TRIBUNMANADO. CO. ID, MANADO - Sudah sekitar 4 bulan penyebaran Covid-19 berlangsung. Sejak 12 Maret ditetapkan status bencana, kini sudah masuk Juli 2020

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengungkapkan, kondisi ekonomi saat ini dipengaruhi penyebaran Covid 19. Ada 3 aspek ekonomi yakni investasi, ekspor dan belanja pemerintah.

"Bagaimana investasi? Nol besar, " kata dia saat menyambangi Kabupaten Mitra mengikuti Rakor Covid-19 Bersama Pemkab Mitra dan para Hukumtua, Kamis (2/7/2020)

Wagub mengatakan, hotel dan mal tutup, memang ada beberapa hotel tetap dibangun misalnya Grup Mariot membangun di Likupang Barat, lalu ada pembangunan hotel di Pumorow, Manado.

Wanita Cantik Asal Tondano Ini Tak Lagi ke Manado Semenjak Pandemi Covid-19

Di Bolmong, PT Conch tetap produksi semen bahkan sudah ekspor ke Banglades.

Kendati begitu, secara umum investasi tiarap.

Faktor kedua terdampak yakni ekspor. Ekspor Sulut di masa Covid pun secara de facto jalan di tempat, permintaan negara tujuan ekspor menurun. Bahkan negara Amerika, dan Eropa petumbuhannya minus.

"Amerika minus 5 persen, Eropa minus 6 persen, " kata dia.

Kapolda Sulut Irjen Royke Lumowa Kunjungi BNI Manado, Pastikan Protokol Kesehatan Berjalan Baik

Wagub mengatakan, gambarannya di Indonesia jika ekonomi naik 1 persen itu sama dengan ketambahan 300.000 lapangan pekerjaan.

Faktor ketiga, belanja pemerintah. Wagub mengatakan, Dana Alokasi Umum (DAU) dipotong 7 persen, Dana Alokasi Khusus dikurangi

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved