Virus Corona

Presiden Joko Widodo Meluncurkan Produk Karya Anak Bangsa untuk Tangani Virus Corona

Joko Widodo meluncurkan 55 produk hasil riset untuk menunjang penanganan penyebaran Covid-19 Produk inovasi tersebut merupakan hasil karya anak negeri

Kompas.com
Presiden Jokowi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pandemi virus corona kian meluas di Indonesia, membuat pemerintah bekerja keras untuk tangani penyebaran Coivd-19 ini.

Sehingga dari pemerintah membuat beberapa aturan protokol kesehatan yang diterapkan di Indonesia seperti Social distancing, PSBB, hingga Lockdown.

Terkait hal tersebut kabarnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan 55 produk hasil riset untuk menunjang penanganan penyebaran Covid-19. Produk inovasi tersebut merupakan hasil karya anak negeri.

Produk dari China Tak Mau Dibeli Konsumen AS Sebaliknya Tiongkok Ogah Beli Produk Made in USA

Taiwan Ingin Dialog dengan China, Tapi Presiden Tsai Ing-wen Tak Terima Syarat 1 Negara, 2 Sistem

Ayah Petarung UFC Khabib Nurmagomedov Kembali Koma, Sebelumnya Sudah Keluar Masuk Rumah Sakit

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (Tribunnews.com)

"Hari ini Kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak bangsa, dari tangan tangan kita sendiri kita mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan," ujar Presiden dalam sambutan peluncuran produk Inovasi secara virtual, Rabu, (20/5/2020).

Presiden memperkenalkan sejumlah hasil inovasi dalam peluncuran produk yang juga diikuti oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro.

Diantaranya yakni perangkat polimerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi Covid-19, perangkat rapid test, mobile laboratorium BSL-2, emergency ventilator yang dibuat bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi.

"Kemarin saya sudah melihat sendiri ada rapid test yang waktu saya tanya bisa produksi berapa sudah kira-kira 100.000? kalau di produksi sudah langsung jalan, PCR test kit juga sama katanya apakah sudah berproduksi," tuturnya.

Selain itu ada produk immuno modulator, serta artifisial intelijen untuk deteksi covid, respirator untuk pemurnian (purifying respirator), Robot berbasis sinar Ultraviolet (Autonomous UVC Mobile Robot/AUMR, dan Plasma Konvalenasi. Produk produk tersebut sudah ditinjau dan siap diproduksi massal.

"Dari yang saya lihat kemarin saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya import sekarang ini kita bisa mandiri, karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," pungkasnya.

Seorang Wanita Tak Mau Lakukan Rapid Test, Coba Lobi Petugas Tawarkan Uang Damai

55 Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri 1441 H Cocok untuk Dibuat Status dan Dibagikan ke Medsos

Lawan Virus Corona, Lebih dari 30 Ribu Relawan Bergabung dengan Tim Gugus Tugas Covid-19

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul " Jokowi Luncurkan Produk Inovasi Anak Negeri untuk Tangani Covid-19 "

Editor: Glendi Manengal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved