Berita Sulut

UNBK Digelar Bulan Maret, Ini Penjelasan Kabid SMK Dinas Pendidikan Sulut

UNBK akan berlangsung 16 sampai 19 Maret 2020. Akan ada sekolah yang bergabung, mandiri dan sekolah penyelenggara pelaksanaan UNBK

UNBK Digelar Bulan Maret, Ini Penjelasan Kabid SMK Dinas Pendidikan Sulut
Tribun manado / Christian Wayongkere
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Debby Mamangkey, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut, menyampaikan sejumlah hal kepada ratusan kepala sekolah SMK se-Sulut dan keluarga besar kepala sekolah se-Sulut, pada pelaksanaan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), di SMKN 2 Bitung Kamis (23/2/2020).

Di antaranya terkait, kesiapan menghadapi ujian-ujian, mulai dari ujian semester dan ujian sekolah pada bulan Februari 2020 hingga pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Maret 2020.

"UNBK akan berlangsung 16 sampai 19 Maret 2020. Akan ada sekolah yang bergabung, mandiri dan sekolah penyelenggara pelaksanaan UNBK," kata Debby.

Pada momentum MKKS SMK tersebut, Debby membeber untuk sekolah-sekolah SMK se-Sulut baru lima cabang dinas yang memasukkan sebagai sekolah penyelenggara UNBK.

Buka Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, Mantiri: Harus Ada SDM Unggul, Siap Kerja dan Bersaing

Ada cabang dinas di Kotamobagu, Boltim, Talaud, Minsel, Mitra, Bolmut dan Bolsel.

Selain itu sebelum pelaksanaan UNBK ada ujian kompetensi kepala sekolah (UKKS) dan UKK teknologi oleh dinas Pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) pada bulan Februari 2020.

"UKKS ini sangat perlu, pelaksanaannya mulai minggu keempat sampai sepanjang bulan April 2020," tambahnya.

Dalam pelaksanaan UNBK nanti akan ada pengawasnya dan menjadi penanggung jawab ada cabang pendidikan (cabdin) kabupaten kota dan untuk ujian sekolah pengawasnya dari guru mata pelajaran.

Kader BMR Maju di Pilgub 2020? Antara Posisi Wakil Gubernur atau Jabatan Sekprov

Terkait dengan pengawas UNBK akan memakai sistem silang, sehingga kepala-kelapa sekolah wajib memasukan usulan pengawas dari sekolahnya masing-masing serta menyertakan alamat tempat tinggal.

"Karena belajar dari pengalaman yang lalu ada kejadian ujian hendak mulai tapi pengawas telap datang karena faktor alamat," kata dia.

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (Tribun manado / Christian Wayongkere)

Pada kesempatan itu, bidang SMK Dikda Sulut menjelaskan tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 45 tahun 2019 tentang organisasi dan tata kerja Kemendikbud.

Ada strukturnya, untuk di SMK ada di Direktorat Jenderal Pendidikan Lokasi.

Ada juga Direktorat Jenderal Sekolah Menengah Kejuaran atau SMK, ketiga Direktorat Jenderal Pendidikan Lokasi dan Profesi (Politeknik, akademi, balai, masuk di direktorat ini), dan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Industri.(crz)

Ini Tanggapan BKD Sulut Mengenai Penghapusan Tenaga Honorer

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved