Editorial Tribun Manado

Mengundang Turis

Bila berhasil menjadikan daerah ini sebagai ‘rumah baru’ bagi mereka, kita yakin, para turis akan datang lagi bersama turis lainnya.

Mengundang Turis
ISTIMEWA
Wisman asal China di Bandara Sam Ratulangi Manado. Turis asal negara tirai bambu itu menguasai angka kunjungan wisman ke Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - MENARIK dicermati perkembangan kepariwisataan Sulawesi Utara dalam beberapa tahun belakangan ini. Sepintas, kita melihat ada banyak hotel yang mulai hadir di daerah ini, terutama di Kota Manado.

Belum lagi bila kita melihat di daerah-daerah dengan tumbuhnya lokasi-lokasi wisata baru. Kota Tomohon, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Kota Bitung, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, dan Bolaang Mongondow, tidak lagi mengandalkan lokasi wisata yang itu-itu saja.

Bahkan, lokasi wisata tua diperbaharui kembali, diberi nuansa kekinian, ditata menjadi menarik dengan manajemen yang apik.

Hasilnya tampak dalam angka kunjungan wisatawan yang diungkap MM Travel, satu di antara penyedia jasa wisata yang khusus mendatangkan turis asal Tiongkok.

Sepanjang 2019 lalu, MM Travel ‘menyumbang’ kunjungan turis hingga 91.401 orang. Jumlahnya diakui menurun dibanding 2018 yang mencapai 93.300 lebih turis Tiongkok.

Untuk tahun 2020, perusahaan jasa pariwisata ini menargetkan 100 ribu lebih kunjungan turis.

November 2019, Wisman Tiongkok Masih Dominasi Kunjungan Turis ke Sulut

Data Biro Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara, pada November 2019 lalu tercatat 7.936 orang turis asal Tiongkok yang datang ke Sulawesi Utara. Secara keseluruhan, pada bulan itu ada 9.261 turis mancanegara yang datang.

Setelah Tiongkok, wisatawan Inggris dengan 59 orang, Prancis 53 orang, Australia 47 orang, Filipina 43 orang, Malaysia 38 orang, Hongkong 34 orang, Jepang 24 orang, Rusia 22 orang, Korsel 12 orang, Thailand 7 orang, India, Taiwan masing-masing 5 orang.

Data dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, tahun 2019 lalu tercatat 150 ribu turis asing datang berwisata ke Sulawesi Utara, naik dibanding tahun 2018 yang mencapai 127 ribu turis. Dan pada tahun 2020 ini, pemerintah menargetkan 200 ribu turis mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjily mengatakan, selain itu, kunjungan turis Nusantara ditargetkan 2,5 juta orang; sebelumnya tercatat 2,2 juta orang.

Mengunjungi Pantai Pulisan yang Bakal Menjadi Lokasi KEK Pariwisata

Halaman
12
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved