Kesehatan

Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Merayakan Natal dan Tahun Baru

Dimulai dari kue kering, minuman bersoda, minuman beralkohol serta berbagai jenis makanan dengan kadar kolesterol tinggi

Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Merayakan Natal dan Tahun Baru
Istimewa
Prof Dr dr Starry H Rampengan SpJP(K) MARS 

Oleh:
Prof. Dr. dr. Starry H. Rampengan, SpJP(K), MARS
- Dosen FK Unsrat
- Staf Khusus Gubernur bidang Kesehatan Masyarakat

Liburan Natal dan Tahun Baru merupakan momen yang baik untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan orang yang dikasihi sembari menikmati berbagai kudapan yang tersedia, dimulai dari kue kering, minuman bersoda, minuman beralkohol serta berbagai jenis makanan dengan kadar kolesterol tinggi.

Saat musim liburan tiba, baiknya kita tetap memperhatikan program diet sehat yang seringkali dilupakan sehingga kita terhindar dari porsi makan lebih banyak dari biasanya.

Rayakanlah hari raya secara bijaksana dengan membuat pilihan makanan yang lebih sehat sehingga Anda tetap dapat menikmati perayaan dengan tubuh yang sehat. Perayaan Natal dan Tahun Baru membutuhkan banyak persiapan agar perayaan ini dapat berjalan dengan baik. Janganlah terlalu fokus pada kemeriahan perayaan Natal dan Tahun Baru dengan mengabaikan kesehatan tubuh kita.

Guntur Romli Kecam Menteri Agama bahwa Pelarangan Perayaan Natal adalah Kesepakatan

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama perayaan Natal dan Tahun Baru:

1. Pola makan sehat harus tetap dipertahankan

Saat menghadiri pesta Natal atau Tahun Baru, pilihlah makanan dengan porsi kecil dan jangan lupa memilih makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan, sayur, biji-bijian atau gandum karena dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit termasuk stroke, diabetes dan penyakit jantung.

Batasi konsumsi kue-kue kering karena memiliki rasa yang bikin ketagihan, sehingga kebanyakan orang tanpa sadar bisa memakannya dalam jumlah yang banyak padahal kue-kue tersebut memiliki kalori yang cukup tinggi akibat terbuat dari bahan-bahan yang tinggi lemak, seperti terigu, mentega, dan telur.

Oleh karena itu, konsumsi kue khas Natal dan Tahun Baru boleh-boleh saja asalkan dibatasi agar jangan sampai berlebihan sehingga berat badan tetap terjaga. Hindari konsumsi alkohol karena mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Gedung GMIM Ruth Matungkas

Konsumsi coklat hitam baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena terbuat dari buah coklat hitam yang mengandung kakao hingga 35-85% yang didalamnya yang terdapat theobromine atau zat anti radang yang dapat membantu mencegah hipertensi serta memelihara kesehatan jantung dan otak.

Halaman
123
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved