Tajuk Tamu Tribun Manado

Inflasi Rasa Dabu-dabu

Yang menarik dari “prestasi” Manado menjuarai inflasi di Indonesia adalah tomat sayur selalu hadir dan menjadi yang pertama dalam mendongkrak inflasi.

Inflasi Rasa Dabu-dabu
Dewangga Ardhiananta/Tribun Manado
Pedagang rempah di Pasar Bersehati Manado menanti pembeli, Minggu (27/10/2019). 

Oleh:
Ahmad Yeyen Fidyani SST MSE.
Statistisi Ahli Pertama BPS Kota Manado

TEPAT sepekan yang lalu, 1 November 2019, BPS Provinsi Sulawesi Utara merilis angka inflasi Kota Manado Oktober 2019 yang menyentuh angka 1,22 persen. Angka ini merupakan inflasi tertinggi, bukan hanya di pulau Sulawesi tetapi juga di Indonesia.

Inflasi Kota Manado jauh di atas angka nasional yang hanya menyentuh 0,22 persen. Sepanjang tahun 2019 ini Kota Manado telah dua kali menyabet inflasi tertinggi di Indonesia.

Sebelumnya pada bulan Juni 2019 Kota Manado juga menduduki peringkat pertama dalam kenaikan harga-harga di Indonesia, yaitu dengan tingkat inflasi sebesar 3,60 persen. Sementara inflasi nasional menunjukan angka 0,55 persen.

Jika menilik lebih jauh kepada kelompok penyumbang inflasi Kota Manado pada bulan Oktober 2019 ini, maka kelompok bahan makanan merupakan penyumbang terbesar inflasi Kota Manado.

Kelompok bahan makanan memberikan sumbangan inflasi sebesar 1,2094 persen. Sedangkan komoditas yang memberikan sumbangan inflasi berturut-turut: tomat sayur sebesar 0,8575 persen; cabai rawit sebesar 0,4278 persen; serta diikuti beberapa komoditas lainnya. Meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami deflasi (penurunan tingkat harga).

BI Optimistis Inflasi Sulut 2019, 3,5 Persen, Waspadai Pembalikan Harga Tomat di Akhir Tahun

Seperti déjà vu kelompok penyumbang terbesar inflasi Kota Manado pada bulan Juni 2019 lalu adalah kelompok bahan makanan dengan angka menyentuh 3,4927 persen.

Dan jika ditilik lebih jauh, lagi-lagi tomat sayur merupakan komoditas yang memberikan sumbangan inflasi terbesar dengan menyentuh angka 3,4514 persen, diikuti oleh beberapa komoditas lainnya.

Yang menarik dari “prestasi” Kota Manado dalam menjuarai inflasi di Indonesia adalah tomat sayur selalu hadir dan menjadi yang pertama dalam mendongkrak angka inflasi, diikuti oleh cabai rawit (rica).

Wawancara Khusus Kepala BPS Sulut, Kunci Agar Inflasi tak Melesat, Kendalikan Harga Rica Tomat

Mengapa demikian? Karena dua komoditas ini merupakan komoditas yang paling tidak stabil harganya, sedangkan yang dicatat dalam penghitungan inflasi adalah perubahan harganya, apakah naik atau turun.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved