Editorial Tribun Manado

Antisipasi Kekeringan

Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara sudah mengambil sejumlah langkah mengantisipasi kekeringan.

Antisipasi Kekeringan
kompas.com
kekeringan 24 November 2018 

TRIBUNMANADO.CO.ID - BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Sulawesi Utara, kembali mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis.

Pasalnya, saat ini 6 dari 7 zona musim di Sulut berdasarkan analisis hujan update 01 September 2019, Sulut telah memasuki musim kemarau.

Karena itu kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi, BMKG Stasiun Klimatologi, Muhammad Candra Buana, diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan tersebut.

Hasil data hari tanpa hujan (HTH) hingga 01 September 2019 menunjukkan beberapa wilayah di Sulawesi Utara mengalami deret hari tanpa hujan berturut-turut lebih dari 21 hari.

“Prakiraan peluang curah hujan menunjukan bahwa beberapa daerah diprakirakan akan mengalami curah hujan sangat rendah (kurang dari 20mm/ dasarian), dengan peluang lebih dari 70 persen," ujarnya.

Kondisi tersebut memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini. Monitoring HTH menunjukkan secara umum di wilayah Sulawesi Utara mengalami hari tanpa hujan dengan kriteria menengah (11-20 hari) meliputi Bolaang Mongondow Utara di daerah Pinogaluman, Kabupaten Minahasa di Kecamatan Pineleng, Minahasa Tenggara di Ratatotok, kemudian Kabupaten Talaud di Kecamatan Lirung.

Kemudian ada beberapa wilayah dengan kriteria sangat panjang (31-60 hari) meliputi Kota Bitung khususnya di Kecamatan Aertembaga, Lembeh Timur dan Matuari.

Sedangkan di Kabupaten Bolaang Mongondow di Bolaang dan Dumoga. Kemudian di Bolaang Mongondow Utara Khususnya di Kecamatan Kaidipang, Boltim di Kotabunan dan Mitra di Ratahan.

Selain itu di Minahasa Utara di Kecamatan Likupang Barat dan Likupang Timur serta Kecamatan Wori.

Berikutnya Sitaro di Siau Tengah dan Tagulandang. Sedangkan di Kota Manado meliputi Kecamatan Mapanget, Malalayang dan Bunaken.

Baca: Dinas Pertanian Minsel Siram Lahan yang Dilanda Kekeringan

Baca: Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis, 6 Wilayah Ini Berstatus Siaga

Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara sudah mengambil sejumlah langkah mengantisipasi kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling menuturkan sudah menyalurkan sebanyak 130 pompa air ke 12 kabupaten kota di Sulut.

Pihaknya sudah menyalurkan 130 pompa air ke daerah sentra pertanian. Selain itu mereka membangun tempat penampungan air untuk menyiapkan ketersediaan air, membuat irigasi pemompaan dan perpipaan.

Media massa diminta untuk ikut menyosialisasikan antisipasi kekeringan lahan pertanian, mendorong petani-petani agar ikut mengantisipasi kekeringan, meminta petani untuk menghentikan sementara proses penanaman di lahan yang mulai mengering sampai datangnya musim hujan nanti.

Tak lupa kita sama-sama berdoa agar secepatnya hujan segera tercurah di daerah yang sangat kita cintai ini. (*)

Baca: Ingin Bongkar Portal Penutup Jalan Samrat-Boulevard, Wali Kota Manado: Ini Kota Bukan Kampung!

Baca: Keluarga Dosen IAIN Surakarta Diteror Netizen

Baca: Istri ABK Korban Pembunuhan di Taiwan Ikhlas: Sesama TKI Terancam Hukuman Mati

Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved