Tajuk Tamu Tribun Manado

Aplikasi Teknik Baru Pengepakan Ikan Mas Hidup untuk Distribusi dan Pemasaran

Telah dikembangkan suatu usaha pengangkutan ikan hidup tanpa media air yaitu dengan metode pemingsanan dengan menggunakan suhu rendah.

Aplikasi Teknik Baru Pengepakan Ikan Mas Hidup untuk Distribusi dan Pemasaran
Tribun Manado/ANDREAS RUAUW
Ilustrasi perikanan di Sulut 

Oleh:
Jenki Pongoh
Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi

APLIKASI teknik handling ikan mas hidup sistem kering kepada kelompok perikanan di Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara, telah dilakukan melalui program penyuluhan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi.

Teknik pemingsanan yang diaplikasikan ialah dengan suhu 8°C dan 8°C + 0,02 persen minyak cengkih.

Dilanjutkan dengan penyimpanan dilakukan pada media sekam padi dingin dengan suhu 10-15°C. Pekerjaan selanjutnya ialah penyadaran ikan.

Ikan disadarkan pada air habitat dilengkapi dengan aerator kapasitas 6 volt dan kemudian dilanjutkan dengan menghitung tingkat mortalitas ikan.

Pengangkutan ikan hidup di Sulawesi Utara umumnya dilakukan dengan cara mengemas ikan dalam suatu wadah tertentu seperti kantong plastik yang diisi air, kemudian ada yang ditambahkan oksigen dan ada juga tidak, tergantung pada kebutuhannya.

Cara pengemasan dan pengangkutan ikan hidup seperti itu memiliki banyak kekurangan, antara lain: kurang efisien dari segi berat, volume dan biaya pengangkutan; kadar oksigen di dalam air berkurang, suhu air meningkat, kotoran ikan dapat meracuni ikan, dan waktu pengangkutan yang relatif lama.

Telah dikembangkan suatu usaha pengangkutan ikan hidup tanpa media air yaitu dengan metode pemingsanan dengan menggunakan suhu rendah.

Baca: Perusahaan Perikanan AS Siap Investasi di Sulut, Wagub: Berkat Lobi Pak Gubernur

Baca: Pertanian, Perikanan Masih Dominasi PDRB Sulut

Metode ini dilakukan dengan mendinginkan air sampai suhu pingsan ikan. Kemudian, untuk mempertahankan suhu tetap rendah digunakan wadah kotak stirofoam yang diisi es secukupnya.

Media dingin untuk penyimpanan ikan digunakan sekam padi atau serbuk gergaji.

Halaman
1234
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved