Renungan Sabtu 8 Juni 2019

Menikmati Damai Sejahtera

Melihat anak cucu hidup bahagia merupakan kebanggaan dari setiap keluarga, orang tua dan jemaat serta masyarakat.

Menikmati Damai Sejahtera
NET
Ilustrasi Holy Bible 

Mazmur 128:6

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Melihat anak cucu hidup bahagia merupakan kebanggaan dari setiap  keluarga, orang tua dan jemaat serta  masyarakat. Namun tidak semua orang tua diberikan kesempatan untuk melihat kebahagiaan anak, cucu dan generasi selanjutnya. Yang dapat kita lakukan adalah  terus hidup dalam takut akan Tuhan supaya umur panjang dan tahun kehidupan dianugerahkan kepada kita.

Holly Bible (Alkitab) masuk daftar buku bacaan paling dilarang di Amerika Serikat.
Holly Bible (Alkitab) masuk daftar buku bacaan paling dilarang di Amerika Serikat. (The Hufffingron Post)

Bacaan Firman Tuhan hari ini menyatakan berkat yang berkesinambungan yakni kesempatan untuk ‘melihat anak-anak dari anak-anakmu’. Hal ini merupakan berkat Tuhan yang dianugerahkan bagi keluarga yang beribadah dalam Bait Suci di Sion kota Yerusalem.

Keluarga yang takut akan Tuhan dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya akan menikmati panjang umur dan bertambah tahun kehidupan sebagai berkat bagi orang percaya. Kalau keluarga sudah sampai pada tahap dianugerahkan anak, cucu dan cece serta generasi selanjutnya maka berarti ia diberkati dengan ditambahkan tahun kehidupan dan umur panjang oleh Tuhan (Bnd. Amsal 9:11).

Berkat Tuhan bukanlah  milik pribadi yang hanya dinikmati sendiri, melainkan kebahagiaan yang berdampak ke dalam persekutuan; baik di Yerusalem maupun sampai kepada anak cucu dan generasi selanjutnya.

Artinya ketika kita diberkati maka kitapun harus menjadi saluran berkat. Inilah “syalom” damai sejahtera atas seluruh umat sebagai bentuk doa dari keluarga itu. Damai sejahtera berarti sehat jasmani dan rohani, utuh, keadaan baik. Hidup dalam keselamatan (Bnd. Mzm. 85:10; Luk. 7:50), kesejahteraan dan kemujuran.

Sebagai keluarga Kristen dan orang tua diajak untuk mempersiapkan dan menata masa depan anak cucu kita dari sekarang dengan mendidik mereka supaya hidup dalam takut akan Tuhan. Dengan demikian, damai sejahtera akan kita saksikan dan nikmati serta dialami oleh kita dan anak cucu serta generasi selanjutnya. Inilah yang menjadi kebanggaan kita sebagai orang tua yang diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk mendidik dan melihat anak cucu yang diberkati dengan kebahagiaan dan kesejahteraan dari sekarang sampai  selamanya. Amin.

Doa: Ya Tuhan, berkatilah keluarga dan generasi kami supaya menikmati umur panjang. Ajarilah kami untuk menjadi berkat bagi orang lain. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved