PDIP Sulut Kunci 4 Kursi DPR RI: AJP Unggul Sementara dari Jerry

Kontestasi menuju Senayan kian seru! PDIP unggul perolehan kursi DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Utara. Banteng moncong putih

PDIP Sulut Kunci 4 Kursi DPR RI: AJP Unggul Sementara dari Jerry
Istimewa
Adrian Paruntu bersama Kader-Kader Terbaik Golkar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Kontestasi menuju Senayan kian seru! PDIP unggul perolehan kursi DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Utara. Banteng moncong putih sudah mengunci (berpeluang) 4 kursi. Sedangkan Partai Golkar dan Nasdem masing-masing mengamankan 1 kursi. Ketiga partai ini ditambah PAN sedang berlomba merebutkan kursi ke-6, jatah terakhir Dapil Sulut.

Sesuai hasil pleno rekapitulasi Pemilu Legislatif di 13 kabupaten dan kota oleh Komisi Pemilihan Umum Sulut, Rabu (8/5/2019), 3 kursi PDIP milik Adriana Dondokambey, Herson Mayulu dan Vanda Sarundajang. PDIP berpeluang besar merebut kursi ke-6 untuk Jantje Wowiling Sajouw (JWS).

Kursi milik Golkar hampir dipastikan diduduki Adrian Jopie Paruntu (AJP). Caleg milenial ini masih unggul dibandingkan Jerry Sambuaga. Jatah 1 kursi yang dikunci Nasdem diperebutkan Hillary Lasut dan Felly Runtuwene. Hillary unggul sementara dengan selirih 4.680 suara dari Felly.

Kursi ke-6 DPR RI diperebutkan antara Hillary dan Felly dengan JWS. Siapa yang menang, bergantung hasil pleno Kota Manado dan Kotamobagu. Hingga Rabu malam, KPU Sulut belum menggelar pleno untuk Kotamobagu.

Sedang pleno di KPU Manado masih berlangsung. Komando Pemenangan Wilayah Nasdem Sulut, Felly Runtuwene hakul yakin Nasdem bisa mengutus dua calon ke Senayan. "Dalam hitungan kami 2 kursi, saya dan Hillary," kata dia.

PDIP masih ngotot meraih 4 kursi. Sekretaris DPD PDIP Sulut Frangky Wongkar menyakini kursi ke-6 milik JWS. "Kami partai yang paling lengkap saksinya, juga punya mesin hitung sendiri," kata dia. Hillary lewat medsos menyatakan keyakinannya bisa lolos ke Senayan. "Terima kasih pada seluruh pendukung," kata dia.

Wakil Ketua PDIP Sulut, Steven Kandouw mengungkapkan, rasa optimismtis PDIP bisa memperoleh 4 kursi DPRI. Perolehan suara PDIP sangat signifikan untuk mencapai target.
"Perhitungan masih berjalan belum final. 3 kursi belum final. Masih bisa 4," kata dia. Ia meminta semua tetap mengawal rekapitulasi suara yang masih berlangsung.

Caleg Nomor 4 dari Golkar, AJP hampir pasti melangkah ke Senayan setelah meraih 69.855 suara di 13 daerah. Sebagai ungkapan syukur cucu mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado almarhum Prof Jopie Paruntu ini mengunggah postingan ucapan terima kasih di akun Facebooknya. Dalam postingan itu, AJP, sapaan dia, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada sesama caleg Golkar.

Caleg Nomor 1 Golkar Jerry Sambuaga adalah pertama kali disebut. Dia menyebut Sambuaga sebagai senior di Golkar. Berikut postingan lengkapnya.
"Nikmati Prosesnya, Nikmati Hasilnya. Terima kasih untuk kepercayaan masyarakat Sulawesi Utara terlebih khusus Masyarakat Minahasa Selatan, maju sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar merupakan kebanggaan tersendiri buat saya Pribadi, bersama dengan Kader kader terbaik partai Golkar merupakan suatu kehormatan, Kak Jerry Sambuaga sebagai senior di Partai Golkar, Om Marhany Pua sebagai Mentor, Om Djelantik Mokodompit sebagai Sesepuh Partai Golkar Sulut, Tante Diana Rondonuwu sebagai panutan saya serta tante Hermin Riristiawati Sebagai guru dan orang tua di partai Golkar sulut, apa yang kita capai sampai saat ini akan menyatukan kita membangkitkan semangat kita bersatu untuk kejayaaan Partai Golkar dan Kesejahteraan Masyarakat Sulawesi Utara.
Tidak melangkahi Pleno KPU tetapi atas nama Pribadi dan Partai Golkar Sulawesi Utara menaruh Hormat setinggi tingginya kepada Masyarakat Sulawesi utara yang telah mensukseskan Pemilu 2019 dengan baik.
specially Terima kasih buat Ibu Ketua DPD 1 Partai Golkar Sulut Christiany Eugenia Tetty Paruntu Terima kasih untuk dukungan dan Doanya Ma
Tuhan Menyertai Kita.
Bersih, Bangkit, Maju, Menang.!!"

KPU Sulut sudah selesai merekapitulasi suara di 13 kabupaten/kota di Sulut. Hasilnya AJP unggul 3.956 suara dari seniornya, Jerry. Rekapitulasi suara di KPU Sulut, Jerry mengumpulkan 59.414 suara, kemudian Adrian 63.414 suara. Selisihnya 3.956 suara di mana AJP unggul, setelah perolehan auara dari Minsel masuk AJP memperoleh tambahan 44.516 suara. Hasil akhir akan ditentukan di dua daerah, Kotamobagu dan Manado. (ryo/art/dru)

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved