Eggi Sudjana Bantah Suarakan Makar

Advokat Eggi Sudjana membantah seruannya terkait people power terkait dengan makar. Menurut Eggi seruannya tidak memiliki unsur makar

Eggi Sudjana Bantah Suarakan Makar
(Fachri Fachrudin/kompas.com)
Eggi Sudjana 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Advokat Eggi Sudjana membantah seruannya terkait people power terkait dengan makar. Menurut Eggi seruannya tidak memiliki unsur makar meski menyinggung people power.

Hal tersebut dia katakan setelah memenuhi panggilan pemeriksaan oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat (26/4). Eggi Sudjana diperiksa terkait laporan dugaan kasus makar.

"Dalam kesempatan ini saya ingin lebih menegaskan bahwa statement saya terkait people power harus dipahami oleh masyarakat luas tidak ada kaitannya dengan makar, tidak ada kaitannya dengan melawan pemerintahan yang sah. Tidak ada," ujar Eggi.

Menurut Eggi people power merupakan konsekuensi logis dari situasi yang disebut pemilihan umum curang. Eggi mengklaim telah melaporkan kecurangan kepada Badan Pengawas Pemilu, namun menurut dia tidak ada respons.

Eggi mengklaim seruan people power yang dia lakukan dilindungi oleh undang-undang. "Maka logika gerakannya menjadi kekuatan rakyat dan kekuatan rakyat itu sah menurut UUD 1945 pasal 1 ayat 2 dan 3, menyatakan dengan jelas kedaulatan rakyat. Bahkan pasal 28e ayat 3 UUD 45 menyatakan setiap orang berhak berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat," ungkap Eggi.

"Kecurangan terus berlangsung. Sampai hari ini maka jawabannya adalah people power. Tidak ada undang-undang yang saya langgar. Undang-undang mana yang saya langgar? Tidak ada," tambah Eggi.

Eggi dilaporkan oleh politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dewi Ambarwati Tanjung setelah Eggi berpidato membahas seruan people power pada 17 April 2019 lalu. Laporan itu teregistrasi dengan nomor LP/2424/IV/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus. Eggi disangkakan Undang-undang ITE Pasal 107 KUHP juncto Pasal 87 KUHP atau Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (Tribun Network/fhd)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved