Pemilu

Caleg Dan Timses Stres Bisa Disembuhkan, Ini Cara Dan Proses Penyembuhannya

Jika masih bisa diajak ngobrol penanganan pada pasien akan lebih mudah, tetapi kalau susah diajak ngobrol, dan sebelumnya ada gejala lain

Caleg Dan Timses Stres Bisa Disembuhkan, Ini Cara Dan Proses Penyembuhannya
Arah.com
Ilustrasi_Stress 

TRIBUNMANADO.CO.ID — Para calon legislatif (caleg)yang maju di Pemilu mungkin saja mengalami gangguan jiwa jika tidak legowo menerima kekalahan atau pun pengaruh dari lingkungan yang terus menyudutkan kekalahannya.

Psikolog Klinis dan Hipnoterapis, Liza Marielly Djaprie yang juga pernah melayani caleg yang mengalami kejiwaan menyebutkan treatment yang diberikan kepada para caleg stres sama dengan treatment kepada pasien lainnya yang mengalami gangguan jiwa dengan penyebab lainnya.

Baca: Kerap Menghindar Saat Ditanya Tentang Gisel, Gading: Gue Males Digoreng-Goreng

Liza menyebutkan biasanya pengobatan diawali dengan mencari tahu kondisi psikologi pasien, sama seperti pasien penyakit fisik saat pertama kali menjalani perawatan.

Jika masih bisa diajak ngobrol penanganan pada pasien akan lebih mudah, tetapi kalau susah diajak ngobrol, dan sebelumnya ada gejala lain seperti tidak bisa tidur, biasanya akan ditangani lamgsung dengan obat.

Baca: Penyanyi Diva Indonesia Krisdayanti Berpeluang Melenggang Ke Senayan, Ini Nasib Artis Caleg Lainnya

“Kita assessment dulu kondisi psikologisnya seperti apa, ada yang masih bisa diajak ngobrol ada yang enggak, kalau parah banget ada intervensi obat apakah obat penenang, kalau dia datang sudah 14 hari gak tidur ya dikasi obat tidur tentunya,” ungkap Liza kepada Tribunnews.com.

Setelah pemeriksaan awal bisanya dilanjutkan dengan konseling.

Pada tahap ini, Liza akan membuat rencana hal-hal apa saja yang akan membantu memulihkan kejiwaan pasien.

Contoh kegiatan misalnya menjadwalkan kembali melakukan hobi kesukaanya atau sekadar mengonsumsi makanan kesukaannya.

“Kita ajarkan membuat rencana tindakan nyata keseharian yang bisa dilakukan, gak usah muluk-muluk, kalau dia bilang abis ini mau bahagia apakah bisa hanya dengan sekedar makan mie ayam, jadi kita bikin rencan konkret yang bisa dilakukan,” papar Liza.

Tidak hanya bagi yang gangguan kejiwaannya masih ringan, pada mereka yang gangguan kejiawaannya berat dalam proses penyembuhan juga disarankan melakukan tindakan fisik agar energi pada tubuh bisa disalurkan.

Halaman
12
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved