Pilpres 2019

Upaya Rekonsiliasi Maruf Amin Pasca Pemilu 2019, Tidak Boleh Dibiarkan Terlalu Lama

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin akan mengupayakan rekonsiliasi pasca pemilihan umum 2019.

Upaya Rekonsiliasi Maruf Amin Pasca Pemilu 2019, Tidak Boleh Dibiarkan Terlalu Lama
Tribunnews.com
Ma'ruf Amin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin akan mengupayakan rekonsiliasi pasca pemilihan umum 2019.

Ma'ruf mengatakan, antar masyarakat Indonesia tidak boleh terpecah-belah. Usai Pemilu, harus dikedepankan upaya rekonsiliasi, agar tidak ada lagi perselisihan antara pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga.

"Oleh karena itu pembelahan yang terjadi akibat Pilpres maupun Pileg harus kita akhiri sampai Pemilu saja," ujar Ma'ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Sehingga harmonisasi hubungan perbedaan kelompok tidak terganggu. Kalau pembelahan antarkelompok terus terjadi, menurut Ma'ruf, akan mengganggu stabilitas dan upaya pembangunan.

Baca: HASIL REAL COUNT KPU PILPRES 2019 Terbaru, Jokowi vs Prabowo, Siapa yang Unggul?

"Kalau sudah terganggu itu, maka pembangunan dan stabilitas akan terganggu, sehingga akan kami usahakan (rekonsiliasi)," tutur Ma'ruf.

Caranya, yakni dengan melakukan konsolidasi kebangsaan. Ma'ruf akan mengadakan dialog, sekaligus pertemuan dengan pihak yang memiliki perbedaan sikap politik.

Termasuk bertemu dengan tokoh-tokoh politik pendukung pasangan Prabowo-Sandi. Pertemuan akan berlangsung usai Pemilu benar-benar selesai.

"Pastilah. Setelah selesai semua, kita akan membuat agenda-agenda yang sifatnya memang kegiatan yang sifatnya melakukan agenda Upaya Rekonsiliasi. Tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Kalau terlalu lama terjadi suasana tidak produktif," kata Ma'ruf.

Baca: Suara di Boltim Anjlok, 3 Partai Ini Optimistis Capai Target Kursi DPRD

Baca: Coblos Bersama di TPS, Raffi Mengaku Tidak Tau Capres dan Cawapres yang Dipilih Nagita

Tautan: http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/04/18/maruf-amin-akan-temui-tokoh-pendukung-prabowo-untuk-rekonsiliasi.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved